Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raja Thailand Vajiralongkorn Resmi Dinobatkan Mei 2019

Penobatan Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn secara resmi akan dilaksanakan dengan upacara pemasangan mahkota pada 4 sampai 6 Mei mendatang, menurut keterangan pihak istana kerajaan Selasa (1/1/2019).
Putera Mahkota Vajiralongkorn, dan istri. /Reuters
Putera Mahkota Vajiralongkorn, dan istri. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Penobatan Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn secara resmi akan dilaksanakan dengan upacara pemasangan mahkota pada 4 sampai 6 Mei mendatang, menurut keterangan pihak istana kerajaan Selasa (1/1/2019).

Raja Maha Vajiralongkorn, 66, telah melakukan pelayanan atas rakyatnya sejak ayahnya meninggal pada 2016. Mendiang ayahnya, Bhumipol Adulyadej, berkuasa  selama 70 tahun.

"Yang Mulia mengumumkan upacara penobatan dilakukan secara tradisional untuk keberuntungan rakyat dan bangsa, untuk dinikmati oleh orang-orang yang penuh harapan," menurut  pernyataan itu sebagimana dikutip Reuters, Selasa (1/1/2019).

Penobatan resmi sang raja ditunda sampai setelah masa berkabung untuk ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej. Kekuasaan raja yang sangat dihormati di Thiland juga punya kekuatan semi relijius bagi rakyatnya.

Sebagai raja kesepuluh dari Dinasti Chakri, Bhumibol Adulyadej diberi gelar Rama X. Pada tahun 1972, saat usianya masih 20 tahun, Raja Bhumibol memberi Vajiralongkorn gelar Somdech Phra Boroma Orasadhiraj Chao  Fah Maha Vajiralongkorn Sayam Makutrajakuman. Hal itu  membuatnya menjadi Putra mahkotaThailand. 

Selain itu, Vajiralongkorn juga bertugas di militer Thailand sebagai pilot helikopter. dia ikut ambil bagian dalam operasi militer penumpasan Partai Komunis Thailand pada dekade 70-an, dan juga memimpin kontak senjata dalam sengketa perbatasan dengan Kamboja.

Setelah kematian ayahnya pada 13 Oktober 2016, dia diprediksi akan menjadi penerus takhta kerajaan Thailand meskipun harus menunggu masa berkabung selesai sehingga belum diberi mahkota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper