Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

40 Tahun China-AS, Xi Jinping Kirim Pesan Kerja Sama Kepada Donald Trump

Menjelang perundingan dagang yang akan dimulai pada Januari ini, Presiden China Xi Jinping menyampaikan harapannya untuk pengembangan kerja sama AS dan China
Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump/Reuters-Damir Sagolj
Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump/Reuters-Damir Sagolj

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden China Xi Jinping mengungkapkan bahwa sejarah memperlihatkan kerja sama merupakan pilihan terbaik bagi China dan Amerika Serikat. Pernyataan itu disampaikan Xi dalam pidato untuk memperingati 40 tahun hubungan diplomatik China-AS pada Selasa (1/1/2019).

Kedua negara yang terlibat perang dagang sepanjang 2018 itu kini memasuki fase gencatan senjata selama 90 hari. China dan AS sepakat untuk mengambil jalur meja runding demi mengakhiri perselisihan yang membuat mereka menaikkan tarif terhadap komoditas impor masing-masing.

Dalam pesannya kepada Trump, Xi mengatakan hubungan China-AS telah mengalami pasang surut, namun hal tersebut berdampak pada kemajuan bersejarah selama empat dekade terakhir. Kondisi itu juga membawa manfaat besar bagi kedua bangsa dan berkontribusi besar bagi perdamaian dunia, stabilitas, dan kemakmuran, lanjut Xi sebagaimana diberitakan kantor berita pemerintah Xinhua.

"Sejarah telah membuktikan bahwa kerja sama adalah pilihan terbaik bagi kedua belah pihak," kata Xi.

Xi menambahkan bahwa hubungan China-AS tengah berada pada fase yang menentukan. Xi juga mengutarakan pengembangan hubungan China-AS adalah suatu hal yang penting dan ia bersedia bekerja sama dengan Trump untuk membicarakan perkembangan tersebut.

"Saya siap bekerja sama dengan Presiden Trump untuk mengimplementasikan konsensus yang kami capai dalam upaya memajukan hubungan China-AS yang meliputi koordinasi, kerja sama, dan stabilitas sehingga lebih bermanfaat bagi kedua negara termasuk seluruh dunia," sambung Xi sebagaimana dilansir Reuters.

Di sisi lain, Trump juga menyampaikan pesan balasannya tersendiri. Kantor berita Xinhua menyebut Trump mengatakan promosi hubungan AS dan China yang kooperatif masuk dalam prioritasnya.

Xi dan Trump juga berbicara melalui telepon selama akhir pekan. Trump mengatakan dia memiliki "panggilan yang panjang dan sangat baik" dengan Xi dan bahwa kemungkinan kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat dan China mengalami kemajuan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper