Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNPB: Wisata Pantai Aman, Masyarakat Diminta Tetap Waspada

Kondisi wisata pantai untuk sejumlah daerah masih aman, namun masyarakat di daerah tertentu diimbau agar tetap waspada.

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Nasional Penanggulangan Bencana menjelaskan kondisi wisata pantai untuk sejumlah daerah masih aman, namun masyarakat di daerah tertentu diimbau agar tetap waspada.

Sesuai dengan rekomendasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masyarakat diminta untuk tetap memerhatikan radius waspada sejauh 500 meter dari bibir pantai di sekitar Selat Sunda.

Rekomendasi tersebut berdasarkan aktivitas Gunung Anak Krakatau yang hingga saat ini masih pada status level III atau siaga, meski begitu aktivitas Gunung Anak Krakatau mengalami tren penurunan.

“Jadi masyarakat yang di luar ini [Selat Sunda] aman, tetapi yang tinggal di daerah ini tetap waspada, seperti itu, ya kitakan secara fisik tahu, dan di sana ada petugas-petugas yang menyampaikan informasi,” ujarnya Sutopo Purwo Nugroho, Kapusdatin dan Humas BNPB di Jakarta Senin (31/12/2018).

Sementara itu, untuk wilayah lain di luar Selat Sunda, Sutopo mengimbau masyarakat di daerah pantai agar tetap mewaspadai pontensi gelombang tinggi yang akan terjadi hingga 31 Desember 2018.

Kawasan Samudra Hindia Selatan yakni Jawa Barat hingga Jawa Timur berdasarkan data yang diedarkan BMKG yang berlaku sejak 28 Desember 2018 hingga Desember 2018, Samudra Hindia Selatan berpotensi gelombang setinggi lebih dari 4 meter.

“Disebabkan oleh aspek cuaca tadi mengacu kepada peringatan yang diberikan oleh BMKG, dan masyarakat dapat mengakses informasinya di BMKG,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper