Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trump Minta Syarat Ini Untuk Akhiri Government Shutdown

Presiden AS Donald Trump menyatakan shutdown tidak akan berhenti sampai ia memperoleh tembok perbatasan yang ia inginkan
White House/Businessweek.com
White House/Businessweek.com

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Donald Trumo mengatakan penutupan pemerintah (shutdown) parsial tidak akan berhenti hingga permintaannya untuk dana pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko terpenuhi.

Trump menyampaikan hal tersebut pada Selasa (25/12/2018) di hadapan para wartawan. Trump juga mengatakan berencana mengunjungi perbatasan pada Januari untuk mengecek pembangunan tembok baru.

"Saya tidak bisa pastikan kapan pemerintah akan buka [beroperasi kembali]. Saya bisa katakan bahwa ia tidak akan buka sampai kami mendapatkan dinding, pagar, atau apapun sebutannya," kata Trump sebagaimana diberitakan Reuters, Rabu (26/12/2018).

Trump berargumen pembatas yang ia inginkan berfungsi untuk mencegah aliran narkoba dan perdagangan manusian melalui migran yang memasuki AS. Ia mengajukan dana sebesar US$5 untuk mewujudkan niatan tersebut namun mayoritas anggota Kongres dari Partai Demokrat dan sebagian Partai Republik menentang pengajuan dana tersebut. Shutdown parsial pun tak terelakkan sampai pemerintahan Trump dan Kongres menyepakati anggaran.

Tidak tercapainya kesepakatan anggaran ini berimbas pada sejumlah badan pemerintahan yang habis masa pendanaannya pada Jumat (21/12/2018) tengah malam. Terdapat puluhan badan pemerintah dan departemen yang terkena dampak, termasuk di antaranya departemen Keamanan Dalam Negeri, Keadilan, Perumahan, dan Pertanian. Selain itu Layanan Pertamanan Nasional juga akan berhenti beroperasi selama shutdown.

Lebih dari 400.000 pegawai negeri AS dari badan dan departemen terdampak tidak akan memperoleh bayaran hingga anggaran berhasil disepakati. Sementara itu, sekitar 380.000 pegawai akan berstatus "furloughed", artinya mereka akan dirumahkan untuk sementara.

Sejauh ini, negosiasi antara Kongres dan administrasi Trump tak kunjung menghasilkan titik temu. Shutdown diperkirakan akan berlanjut sampai awal tahun ketika Demokrat mengambil alih kursi mayoritas di DPR.

Dalam kesempatan yang sama, Trump juga mengulangi klaim yang ia buat sebelumnya bahwa ia telah menyetujui pembangunan 115 mil (185 km) pembatas antara AS dan Meksiko. Gedung Putih hingga kini belum menyampaikan klarifikasi lebih terperinci terhadap klaim tersebut.

"Pembatasnya akan dibangun, dan semoga secara cepat. Saya akan ke sana akhir Januari untuk mengecek pembangunannya," kata Trump.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper