Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkeu AS: Trump Tak Akan Pecat Gubernur The Fed Jerome Powell

Menkeu AS Steven Mnuchin akhirnya turun tangan meyakinkan pasar keuangan bahwa Gubernur Bank Sentral AS (Federal Reserve) Jerome Powell tidak akan dipecat.
Gubernur The Fed Jerome Powell/Bloomberg
Gubernur The Fed Jerome Powell/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA--Menkeu AS Steven Mnuchin akhirnya turun tangan meyakinkan pasar keuangan bahwa Gubernur Bank Sentral AS (Federal Reserve) Jerome Powell tidak akan dipecat.

Hal itu merupakan responsnya terkait laporan bahwa beberapa hari terakhir ini Presiden AS Donald Trump tengah berdiskusi untuk mencopot jabatan Powell dari The Fed.

Mnuchin menyampaikan lewat akun Twitter-nya, Sabtu (22/12/2018) malam, bahwa dia telah berbicara dengan Trump terkait laporan tersebut. Dia pun mengutip pernyataan Trump yang mengaku tidak memiliki kuasa untuk mencopot jabatan gubernur bank sentral. 

"Saya tidak pernah berpikir untuk memecat Gubernur Jay Powell, dan saya tidak yakin bahwa saya memiliki otoritas untuk melakukan itu," tulis Mnuchin, mengutip pernyataan Trump yang mengacu kepada Powell, seperti dikutip Bloomberg, Minggu (23/12/2018).

Dia juga menyampaikan bahwa Trump memang tidak setuju dengan kebijakan The Fed. Bahwa kenaikan suku bunga dan berkurangnya portofolio milik bank sentral merupakan hal yang sangat buruk yang dapat diakukan pada saat ini.

"Khususnya ketika perundingan dagang besar milik saya sedang berlangsung," tulis Mnuchin, juga mengutip Trump.

Namun demikian, dampak dari pemberitahuan Mnuchin lewat Twitter tersebut masih belum terlihat, akankah dapat meyakinkan pasar.

Beberapa pejabat utama dan strategis pasar pun kemarin telah menghabiskan hari dengan memperingatkan Trump supaya tidak mengambil langkah yang menentang Powell. 

Tweet dari Mnuchin tersebut diunggah tiga jam sebelum Juru Bicara Gedung Putih Sarah Sanders merilis pernyataan bahwa dia tidak mengetahui adanya rencana apa pun untuk mencopot Powell dari jabatan gubernur The Fed.

Sebelumnya, Bloomberg melaporkan bahwa Trump tengah berdiskusi untuk mencari jalan supaya dapat memecat Powell.

Selama 18 jam ke depannya, Gedung Putih diam saja dan tidak memberikan respons apa pun.

Bahkan Trump yang seringkali mengunggah akun Twitter-nya diam seribu bahasa mengenai nasib Powell

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper