Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Natal dan Tahun Baru: Pemerintah Jamin Kebutuhan Stok Pangan Aman

Pemerintah menjamin kebutuhan stok pangan aman menjelang libur natal dan tahun baru. Walaupun, terjadi sedikit kenaikan harga pangan terutama beras, telur dan bawang merah.

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah menjamin kebutuhan stok pangan aman menjelang libur natal dan tahun baru. Walaupun, terjadi sedikit kenaikan harga pangan terutama beras, telur dan bawang merah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan pemerintah baru saja menggelar rapat terbatas (ratas) mengenai persiapan menjelang natal dan tahun baru.

"[Kami] membahas persiapan natal dan tahun baru, mengenai pangan ada sedikit kenaikan harga telur ayam, tapi impornya sudah jalan," ungkapnya Jumat (21/12/2018).

Kenaikan harga telur lanjutnya karena stok jagung untuk pakan ternak kurang, tapi pemerintah sudah mengambil keputusan impor jagung dan April 2019 nanti akan ada panen. Dengan demikian, menurut perhitungan Darmin, pasokan jagung untuk pakan seharusnya mencukupi.

Dia memastikan stok beras aman sampai dengan akhir tahun walaupun terjadi kenaikan harga beras sedikit berkisar 0,4%--0,5%. 

"Kita menugaskan Bulog [Badan Usaha Logistik] operasi pasar lebih banyak, terutama di Jakarta dan sekitarnya karena yang naik itu di situ terutama," katanya.

Selain kedua komoditas pangan tersebut, Darmin menyebut terjadi kenaikan pada bawang merah karena sudah mulai musim penghujan dan masa panen yang sudah terlewat.

"Jadi di pangan praktis tidak ada masalah yang serius. Pak Luhut [Menko Maritim] juga sampaikan di perhubungan dan ketersediaan BBM dan sebagainya tidak ada persoalan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper