Sandi Janji Buat One Kiai for One Center Entrepreneurship, Seperti Apa? 

Sejak resmi memutuskan diri menjadi calon wakil presiden, Sandiaga Uno punya misi menjadikan One Kecamatan One Center of Entrepreneurship atau Ok Oce jadi skala nasional. Kini, dia memodifikasi Ok Oce menjadi One Kiai for One Center Eterpreneurship.
Jaffry Prabu Prakoso | 06 Desember 2018 17:41 WIB
Cawapres Sandiaga Unosaat bertemu warga pada acara bertajuk Curhat Kiai Kampung kepada Bang Sandi di Malang, Kamis (6/12/2018). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Sejak resmi memutuskan diri menjadi calon wakil presiden, Sandiaga Uno punya misi menjadikan One Kecamatan One Center of Entrepreneurship atau Ok Oce jadi skala nasional. Kini, dia memodifikasi Ok Oce menjadi One Kiai for One Center Entrepreneurship.

Hal itu dia ucapkan saat mendengarkan keluh kesah warga pada acara bertajuk Curhat Kiai Kampung kepada Bang Sandi di Malang.

Pada sesi itu, para kiai dan ustazah yang datang dari berbagai desa menyatakan masalah sama, yakni masalah peningkatan kesejahteraan dan ekonomi. Harga kebutuhan pokok juga naik tidak berimbang dengan penghasilan mereka.

Contohnya, biaya operasional sekolah yang dulu sangat membantu, kini terbatas bagi tempat pendidikan yang tidak punya surat yayasan dari Kementerian Hukum dan HAM. Biaya listrik yang tinggi juga membebani kehidupan di kampung. 

Sandi merasa prihatin dengan curhatan mereka. Menurutnya banyak hal yang harus diperbaiki, terutama kebijakan pada guru-guru ngaji yang punya keikhlasan dan keinginan memperkuat rohani anak bangsa. 

“Kami akan menyejahterakan guru ngaji dan kiai. Kami akan bikin One Kyai for One Center Enterpreneurship, satu kyai dengan satu pusat pelatihan  wirausaha. Jadi desa bisa mandiri, guru ngaji juga punya penghasilan lebih,” kata Sandi di lokasi, seperti disampaikan dalam keterangan pers, Kamis (6/12/2018). 

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga bakal memanfaatkan cahaya matahari untuk menjadikan Indonesia sebagai negeri swasembada energi surya. Caranya adalah dengan membatasi penggunaan energi fosil dimulai dari desa.

Tag : sandiaga uno, Pilpres 2019
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top