Jokowi Minta Pengembangan SDM Masuk dalam Raker Kementerian

Presiden Joko Widodo menginstruksikan semua kementerian untuk segera menyusun rencana kerja yang dikaitkan dengan prioritas pemerintah 2019, yakni pembangunan sumber daya manusia (SDM).
Amanda Kusumawardhani | 05 Desember 2018 16:45 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Kepala Staf Presiden Moeldoko bersiap memberikan keterangan pers terkait penembakan pekerja Trans Papua oleh kelompok kriminal bersenjata, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/12/2018). - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menginstruksikan semua kementerian untuk segera menyusun rencana kerja yang dikaitkan dengan prioritas pemerintah 2019, yakni pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Hal itu diungkapkan Jokowi ketika memberikan sambutan dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Rabu (5/12/2018).

"Seperti yang sudah saya sampaikan pada baik rapat terbatas dan paripurna bahwa di 2019 kita akan melakukan pergeseran strategi untuk masuk ke program pembangunan sumber daya manusia secara besar-besaran," kata Jokowi.

Jokowi mencontohkan Kementerian Ketenagakerjaan misalnya, bisa segera memulai untuk membangun 1.000 balai latihan kerja di pondok pesantren per Januari tahun depan.

Untuk kementerian lainnya, Jokowi juga menyebutkan upaya-upaya sertifikasi tenaga teknik oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR) bisa dilakukan lebih awal.

"Sehingga nanti di pertengahan tahun bisa evaluasi secara cepat. Mana yang secara efektif untuk meningkatkan skill, upgrading skill, dan meningkatkan produktivitas," ujarnya.

Oleh karena itu, Jokowi berharap kementerian dan lembaga lainnya bisa mengadopsi inovasi pengembangan SDM yang sudah dilakukan oleh kementerian.

"Saya kira kementerian-kementerian lain, model-model yang sudah sering saya sampaikan bisa diadopsi. Saya kira kerja sama yang dilakukan industri dengan SMK yang telah dilakukan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pendidikan sesuatu yang juga harus ditingkatkan," tambah Jokowi.

Tag : jokowi
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top