Para Menkeu UE Mulai Finalisasi Bahan untuk KTT UE Bulan Ini

Para menteri keuangan Zona Euro akan bertemu pada Senin (3/12/2018) untuk menyusun finalisasi sejumlah rencana, yang akan dibicarakan oleh para pemimpin Zona Euro dalam KTT Uni Eropa pada 1314 Desember 2018.
Dwi Nicken Tari | 02 Desember 2018 18:31 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Para menteri keuangan Zona Euro akan bertemu pada Senin (3/12/2018) untuk menyusun finalisasi sejumlah rencana, yang akan dibicarakan oleh para pemimpin Zona Euro dalam KTT Uni Eropa pada 13—14 Desember 2018.

Sejauh ini, beberapa pokok utama yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut adalah mengenai reformasi terkait serikat perbankan, dana bailout, dan anggaran Zona Euro.

Pembentukan serikat perbankan dinilai menjadi salah satu topik penting karena serikat tersebut akan membentuk aturan dan institusi yang mengatur perbankan besar di kawasan Zona Euro.

Selain itu, nantinya juga akan dibentuk skema asuransi deposito umum dan sebuah dana talangan atau backstop yang dapat diberikan kepada perbankan yang pailit.

Skema dan backstop tersebut pun diharapkan dapat melindungi setiap negara anggota secara individual dari kerugian yang disebabkan oleh runtuhnya perbankan besar dan memperkuat sistem keuangan secara keseluruhan.

Pemerintahan Zona Euro pun sepakat agar Mekanisme Stabilitas Eropa (ESM), yaitu dana bailout yang dimiliki Zona Euro, dapat bertindak sebagai backstop. Namun demikian, saat ini perundingannya masih berlangsung kendati beberapa garis besarnya telah disepakati.

Pasalnya, skema jaminan deposito masih mendapat kritik dari Jerman dan negara besar lainnya. Negara-negara tersebut tidak ingin berbagi risiko dengan negara-negara yang rentan, seperti Italia, sebelum perbankan negara rentan itu membersihkan neraca keuangannya.

“Alih-alih mencapai kesepakatan yang sebenarnya, para pemimpin lebih condong untuk membentuk peta yang dapat memulai negosiasi politik. Tapi hal itu saja sudah tampak menantang karena tumbuhnya ketegangan di Italia,” kata seorang pejabat UE, seperti dikutip Bloomberg, Minggu (2/12/2018). 

Sementara itu, isu lainnya yang akan dibahas adalah mengenai dana talangan bersama yang dimiliki Zona Euro, yaitu Mekanisme Stabilitas Eropa (ESM).

Beberapa negara setuju bahwa pendanaan dari era krisis itu harus diberikan kekuatan yang lebih besar di Komisi Eropa terkait pemberian bailout. Adapun selama ini, Komisi Eropa merupakan badan yang meninjau dan menilai posisi keuangan setiap negara anggota UE.

Para menteri di Zona Euro juga telah sepakat untuk meningkatkan batas kredit yang dapat ditawarkan ESM kepada negara yang bermasalah sebelum negara tersebut mendapatkan bailout sepenuhnya.

Sejauh ini, proposal untuk merestrukturisasi utang tersebut telah mendapatkan persetujuan dari sebagian anggota UE.

Tapi, negara seperti Belanda masih meminta agar dibentuk mekanisme yang lebih luas dan otomatis yang dapat menentukan apa yang sebenarnya terjadi ketika ada masalah dengan keberlanjutan utang di suatu negara, dan menjadi peringatan bagi Italia.

Tag : uni eropa
Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top