Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Debat Capres Mulai Awal Tahun, Setiap Bulan Hingga April 2019

Debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden berlangsung selama lima kali dimulai awal tahun hingga April. Bulan Maret diselenggarakan dua kali.
Debat Capres dan Cawapres/JIBI Photo
Debat Capres dan Cawapres/JIBI Photo

Bisnis.com, JAKARTA – Debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden berlangsung selama lima kali dimulai awal tahun hingga April. Bulan Maret diselenggarakan dua kali.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan bahwa sudah tidak ada perbedaan pendapat mengenai konsep ini.

“Kami juga akan undang para panelis untuk rumuskan materi pertanyaan untuk debat yang pertama,” katanya saat ditemui di ruangannya, Jumat (30/11/2018).

Untuk moderator yang memimpin debat, Arief menjelaskan bahwa akan mengundang perwakilan tim kampanye pasangan calon untuk mencari siapa tokoh yang tepat membawa diskusi.

Pembawa diskusi ini bisa berasal dari kalangan profesional ataupun akademisi dan yang paling utama tidak berpihak pada salah satu pihak tertentu.

Persiapan debat ini ditargetkan rampung Desember ini. Lokasi debat sendiri akan dilakukan empat kali di Jakarta dan sekali di Surabaya. 

Arief menuturkan bahwa tidak mungkin acara tersebut dilakukan di luar pulau Jawa karena membutuhkan energi yang cukup besar. Pelaksanaan di luar Jakarta agar pesta demokrasi tidak berpusat di Ibu Kota

Saat ini sudah ada lembaga penyiaran yang setuju menjadi media massa penyelenggara meski membutuhkan energi yang cukup besar.

Akan tetapi KPU akan membuat perjanjian hitam di atas putih untuk memastikan bahwa media tersebut tidak mengundurkan diri di tengah jalan.

“Saya tidak mau tiba-tiba mereka diminta siarkan tapi pas deadline malah mundur. Itu harus dibuat kerja sama,” ucap Arief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper