Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Verifikasi dan Validasi SKD CPNS 2018 Dilakukan Dalam 4 Tahap

Para peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018, yang saat ini sedang deg-degan menanti pengumuman tentang pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), harus bersabar.
Gedung Badan Kepegawaian Negara/asn.id
Gedung Badan Kepegawaian Negara/asn.id

Bisnis.com, JAKARTA — Para peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018, yang saat ini sedang deg-degan menanti pengumuman tentang pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), harus bersabar.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku pelaksana Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) saat ini sedang bekerja keras melakukan rekonsiliasi berupa verifikasi dan validasi (verval) hasil SKD. Untuk selanjutnya hasil verval tersebut diserahkan kepada instansi masing-masing.

Dalam pernyataan resminya yang diterima Bisnis, Kamis (29/11/2018), Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menjelaskan ada banyak pertanyaan peserta SKD yang menanyakan hasil SKD.

Dia menjelaskan ada empat level verval hasil SKD yang dilakukan BKN sebagai pelaksana Panselnas.

Level 4: Verval SKD disupervisi oleh salah satu Pejabat Pratama di lingkungan Kedeputian Pengawasan dan Pengendalian BKN.
Level 3: Verval SKD dilakukan oleh Pejabat Pratama Pratama unit kerja lainnya di lingkungan BKN.
Level 2: Verval oleh salah satu Deputi BKN.
Level 1: Verval diapprove oleh Kepala BKN selaku Ketua Pelaksana Panselnas.

"Zero mistake, itulah tujuan verval secara bertingkat tersebut," katanya.

Dia mengemukakan saat ini proses verval masih berlangsung dan diperkirakan akan rampung seluruhnya pada akhir November 2018. “Target pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) awal Desember. Kami optimistis proses verval rampung bulan November ini".

Berdasarkan data BKN, hingga 28 November 2018 pukul 12.00 WIB, sedikitnya 33 (tiga puluh tiga) Instansi Pusat yang telah selesai diverval dan dapat diumumkan hasilnya di portal masing-masing instansi.

Pada pertemuan dengan media di Gedung BKN Pusat beberapa waktulalu, Kepala BKN Bima Haria Wibisana selaku Ketua Tim Pelaksana Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) mengatakan SKB dijadwalkan akan dilaksanakan pada awal Desember.

Untuk yang menggunakan fasilitas Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dapat dilaksanakan mulai 1 atau 2 Desember. Sementara yang menggunakan fasilitas CAT BKN, bisa dilaksanakan mulai 4 Desember.

"Diharapkan semua proses tahapan seleksi CPNS 2018 dapat dirampungkan pada tahun ini juga. Pengumuman hasil akhir kelulusan setelah nilai SKD dan SKB diintegrasikan, ditargetkan dilakukan pada Desember 2018," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper