Terdampar di Bandara Malaysia, Pria Suriah Akhirnya Dapat Suaka di Kanada

Seorang pria asal Suriah yang terlantar di bandara Malaysia selama berbulan-bulan akhirnya mendarat di Kanada minggu ini usai permohonan suakanya diterima negara tersebut.
Iim Fathimah Timorria | 28 November 2018 09:53 WIB
Hassan Al Kontar saat berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang pria asal Suriah yang terlantar di bandara Malaysia selama berbulan-bulan akhirnya mendarat di Kanada pekan ini usai permohonan suakanya diterima negara tersebut.

Diberitakan Reuters, Hassan Al Kontar (37), terjebak di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Maret 2018 karena visa kunjungan turisnya telah kadaluarsa. Ia pun tidak memperoleh izin terbang ke negara lain oleh imigrasi setempat.

Kontar yang meninggalkan Suriah sebelum perang sipil pecah pada 2011 sempat bekerja di Uni Emirat Arab (UEA) selama beberapa tahun. Ia terpaksa meninggalkan UEA karena izin kerja yang habis, namun ia tidak bisa kembali ke Suriah karena menolak bergabung dengan angakatan bersenjata.

Selama hampir 10 bulan hidup mengandalkan makanan dari maskapai penerbangan, Kontar mencoba mencari negara yang berkenan memberinya visa.

Ia memperoleh perhatian dunia sejak mulai membagi video pengalamannya kepada ribuan pengikut di dunia maya. Melalui video-video itu, Kontar menggambarkan kesulitan yang ia hadapi. Mulai dari mandi di westafel hingga menghadapi ketidakpastian yang menyebabkan depresi. Ia bahkan sempat berpikir untuk mendaftar misi NASA ke Mars.

Kondisi Kontar kemudian menarik perhatian dari masyarakat Kanada yang bermaksud mensponsorinya secara pribadi sebagai pengungsi.

"Ketika kami menyadari ia terdampar di bandara Malaysia dan tidak ada tempat untuk dituju, serta tidak ada yang menerimanya, saya menawarkan: 'Kami punya ruang. Kami dapat membawanya untuk mensponsori dia," kata Shawkat Hassan, dengan Asosiasi Muslim British Columbia, yang membantu mensponsori Kontar seperti dilansir Reuters pada Rabu (28/11/2018).

Urusan Dokumen

Pengurusan dokumen keimigrasian Kontar menelan waktu berbulan-bulan. Kontar bahkan sempat ditahan oleh imigrasi Malaysia dan diancam akan dideportasi ke Suriah.

Penantian Kontar akhirnya usai saat ia tiba di Bandara Internasional Vancouver pada Senin (26/11/2018) malam waktu setempat. Dengan sepasang sandal jepit dan kaos oblong yang ia kenakan, ia mendarat sebagai sebagai penduduk tetap karena Kanada telah menerima permohonan suakanya.

Kontar kemudian diantarkan ke hunian sementara di Whistler, British Columbia oleh salah satu sponsornya, Laurie Cooper. Ia mengaku sangat bersemangat dan bersyukur dengan yang ia alami saat ini.

"Bagiku, berjalan di jalan lagi dan mencium udara segar, itu bukan hal yang normal: Itu adalah suara dan bau kebebasan."

Tag : suriah, kanada
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top