Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Janjikan Anggaran TNI Bisa Tembus Rp200 Triliun

Pemerintah menyatakan peningkatan anggaran Tentara Nasional Indonesia atau TNI akan disesuaikan dengan pertumbuhan pendapatan negara.
Tentara Nasional Indonesia/Antara
Tentara Nasional Indonesia/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menyatakan peningkatan anggaran Tentara Nasional Indonesia atau TNI akan disesuaikan dengan pertumbuhan pendapatan negara.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan bahwa saat ini pemerintah mengalokasikan belanja pertahanan sebesar 0,9% produk domestik bruto (PDB). Ke depan, tambah dia, alokasi akan ditingkatkan seiring dengan peningkatan penerimaan pajak.

Luhut mengungkapkan saat ini pajak berkontribusi sebesar 83,1% penerimaan negara. Melalui reformasi fiskal, dia meyakini tahun depan penerimaan pajak naik dengan rasio pajak 11%-12%.

“Dengan perubahan ini, secara rasional anggaran untuk TNI dapat bertambah menjadi Rp150 triliun-Rp200 triliun dalam dua sampai empat tahun ke depan. Anggaran tersebut akan dialokasikan untuk peningkatan kesejahteraan, pendidikan, dan persenjataan dengan membangun industri pertahanan dalam negeri,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (28/11/2018).

Guna mendukung rencana pemerintah tersebut, Luhut mengatakan stabilitas dalam negeri mutlak diperlukan. Menurutnya, salah satu peran penting TNI adalah menjaga stabilitas nasional dengan tetap mengedepankan netralitas.

Luhut menyampaikan proyeksi peningkatan anggaran TNI saat acara Apel Danrem-Dandim Terpusat 2018 di Pusat Kesenjataan Infantri (Pussenif) Bandung, Senin (26/11/2018). Kepada para juniornya itu, bekas Komandan Pussenif ini mengemukakan keadaan ekonomi Indonesia yang terus bertumbuh.

“Jika pada 2000 kita berada di peringkat 24 dunia maka pada 2017 kita berada di peringkat 16 dunia,” ujarnya.

Luhut optimis peringkat akan semakin membaik dengan mengacu pada fundamental ekonomi Indonesia. Indikatornya adalah pertumbuhan ekonomi yang sehat, inflasi rendah, menurunnya tingkat kemiskinan dan rasio gini, dan didukung dengan pengolahan kebijakan fiskal yang penuh kehati-hatian.

“Situasi ini akan membawa dampak luas pada generasi 10 tahun ke depan sepanjang kita bisa menjaga denyut perkembangan ekonomi kita sekarang dengan kinerja yang transparan, profesional, terintegrasi,” tuturnya.

Luhut menambahkan TNI pun memiliki peran penting dalam implementasi strategi pembangunan Indonesia. Selain fungsi pertahanan dan keamanan, TNI juga ikut berperan dalam membantu implementasi program pembangunan seperti pertanian dan dana desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper