Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Tujuan Xi Jinping Kunjungi Filipina

Pemimpin China Xi Jinping mengunjungi Filipina pada Selasa (20/11/2018) untuk memperoleh keuntungan strategis lebih lanjut di bawah Presiden Rodrigo Duterte, yang memuji "dorongan baru" di balik hubungan dengan ambisi prasarana masifnya dapat bergantung pada negara itu.
Presiden China Xi Jinping/Reuters
Presiden China Xi Jinping/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin China Xi Jinping mengunjungi Filipina pada Selasa (20/11/2018) untuk memperoleh keuntungan strategis lebih lanjut di bawah Presiden Rodrigo Duterte, yang memuji "dorongan baru" di balik hubungan dengan ambisi prasarana masifnya dapat bergantung pada negara itu.

Kunjungan Xi terjadi dua tahun setelah Duterte menyatakan mengubah orientasi kebijakan luar negerinya dari sekutu lamanya Amerika Serikat ke China, kendati terjadi perselisihan maritim dan ketakpercayaan selama beberapa dasawarsa dengan Beijing.

Duterte menghadapi kecaman dari lawan politiknya karena membuat terlalu banyak konsesi politik dengan China untuk memperoleh miliaran dolar dari pinjaman, yang dijanjikan China, dan investasi yang masih harus diwujudkan, atau dibuat secara resmi.

Kedua pemimpin itu mengawasi 29 perjanjian, banyak di antaranya terlalu umum dan kabur, mulai dari kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan dan pengembangan kawasan industri, yang bersama-sama mempromosikan infrastruktur, koperasi pertanian dan mendirikan protokol sanitasi untuk pengapalan kelapa.

Duterte mengatakan sudah ada "keyakinan dan kepercayaan yang dalam" antara dia dan Xi yang telah membahas peningkatan perdagangan dan investasi, dan keterlibatan China dalam penandatanganan program infrastruktur "Bangun, Bangun, Bangun" senilai US$180 miliar.

"Dengan saling menghargai, ketulusan dan ketaatan untuk kesetaraan kedaulatan, saya akan terus bekerja erat dengan Presiden Xi," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper