Dicky Saromi Resmi Jabat Pj Bupati Cirebon

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi melantik Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Barat Dicky Saromi menjadi penjabat Bupati Cirebon.
Wisnu Wage Pamungkas | 19 November 2018 10:53 WIB
Pj Bupati Cirebon Dicky Saromi (kedua kiri) berfoto usai dilantik oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Jabar, Senin (19/11). - JIBI/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi melantik Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Barat Dicky Saromi menjadi penjabat Bupati Cirebon.

Pelantikan Dicky digelar di Aula Barat, Gedung Sate, Bandung, Senin (19/11/2018), dihadiri para pejabat Gedung Sate dan perangkat daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon. Dicky mengambil sumpah jabatan dipimpin oleh Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil.

Pengangkatan Dicky didasarkan pada Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, pascapenetapan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra sebagai tersangka kasus suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam sambutannya, Emil mengatakan demi kelangsungan pemerintahan, dalam waktu dekat perlu ada kebijakan-kebijakan strategis. Sementara itu, jabatan Plh Bupati yang dipegang Sekretaris Daerah (Sekda) sangat terbatas dan hanya diperkenankan menjalankan tugas-tugas rutin.

“Tapi tidak boleh mengambil kebijakan. [Pelantikan ini] Agar pemerintahan di Cirebon tidak terhambat dan berjalan lancar,” paparnya.

Pihaknya meminta agar Dicky segera merangkul seluruh pemangku kepentinigan di Cirebon dan menjangkau masyarakat agar bisa menumbuhkan semangat dan kepercayaan baru.

“Saling mengingatkan dalam kebenaran dan kebaikan,” tambah Emil.

Dicky juga diminta bekerja dengan berpedoman pada aturan sesuai payung hukum yang ada, yakni tidak diperbolehkan melakukan mutasi pegawai, membatalkan perizinan yang sudah dikeluarkan kepala daerah sebelumnya, dan membuat kebijakan pemekaran daerah.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) juga kembali menegaskan meski Dicky masih menjabat sebagai Kepala BPBD, latar belakang tidak menjadi masalah.
 
“Saya kira latar belakang dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mana tidak perlu dipertanyakan karena semua yang pernah menjadi penjabat juga sama, punya kesibukan juga. Tapi, saya kira Pemprov Jabar sudah berpengalaman dalam mengelola manajemen transisi-transisi sepeti ini lah. Kira-kira begitu,” tuturnya.
 

Tag : jabar, cirebon
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top