Ridwan Kamil Didesak Segera Lantik Nasrudin Azis Jadi Walikota Cirebon

Pemkot Cirebon meminta Pemprov Jawa Barat segera melantik pasangan Nasrudin Azis-Eti Herawati mengingat pasangan tersebut sudah dikukuhkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon terpilih.
Wisnu Wage Pamungkas | 08 November 2018 11:21 WIB
Calon Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis (kanan), Calon Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati (kedua kiri), dan kuasa hukum Taufik Basari (kiri) memberikan keterangan pers usai sidang putusan sengketa hasil Pilwalkot Cirebon 2018 di Jakarta, Rabu (31/10 - 2018).

Bisnis.com, BANDUNG—Pemkot Cirebon meminta Pemprov Jawa Barat segera melantik pasangan Nasrudin Azis-Eti Herawati mengingat pasangan tersebut sudah dikukuhkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon terpilih.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan Sekda Kota Cirebon, Asisten Pemerintahan, Kabag Pemerintahan dan Sekretaris Dewan Kota Cirebon menemui pihaknya pada Rabu (8/11/2018) kemarin.

“Mereka menyampaikan hasil pleno pengukuhan Wali Kota terpilih adalah Pak Azis dan Wakilnya Bu Eti,” katanya dihubungi, Kamis (8/11/2018).

Menurutnya dalam pertemuan tersebut pihak Pemkot memaparkan bahwa seluruh persyaratan terkait pengukuhan pasangan Azis-Eti sudah tuntas dan diharapkan adanya percepatan pelantikan mengingat ada agenda pembahasan APBD 2019 dan RPJMD 2018-2023 yang harus dihadapi.

“Setelah ini selesai dan Pilkada berlangsung kondusif, [Pemkot Cirebon] memohon dipercepat  proses [pelantikan]nya,” ujarnya.

Setelah pihaknye menerima berkas, Iwa mengaku memerintahkan Kabag Pemerintahan Setda Jabar untuk memeriksa ada tidaknya kekurangan persyaratan. Setelah lengkap, rencananya surat akan diproses untuk dilaporkan pada Gubernur Ridwan Kamil. “Untuk selanjutnya ke Menteri Dalam Negeri untuk dapat arahan,” tuturnya.

Dari Mendagri surat permohonan pelantikan akan diteruskan ke Presiden agar mendapat petikan surat keputusan untuk penetapan pasangan terplih menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon definitif. “Lalu disiapkan pelantikan dan diharapkan pembangunan Kota Cirebon lebih baik lagi,” katanya.

Pihaknya memproses permintaan ini sekaligus akan melaporkan pada gubernur terkait upaya Pemprov memberikan layanan prima pada kabupaten/kota terkait hasil Pilkada 2018. Iwa memastikan bisa saja pelantikan dipercepat meski Kota Cirebon baru dijadwalkan digelar Juni 2019 mendatang.”Dimungkinkan,” ujarnya.

Namun hal ini tergantung pada kesiapan dan kelengkapan administrasi dari Kota Cirebon, selain itu keputusan tetap ada di Pemerintah Pusat.

Pasangan calon nomor urut dua Pilwalkot Cirebon, Nasrudin Azis-Eti Herawati mengklaim menang atas pesaingnya, Bamunas Budiman-Effendi Edo pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang digelar di 24 TPS di Kota Cirebon. 

Pasangan Azis-Eti diusung oleh lima partai, yakni Demokrat, Nasdem, PKB, Hanura, dan PKPI.

Tag : cirebon
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top