Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS Naikkan Bea Masuk Antidumping Produk Aluminium China

Departemen Perdagangan AS akan menaikan bea masuk anti-dumping dan anti-subsidi pada produk lembaran aluminium paduan dari China dari 96,3% menjadi 176,2%.
Pekerja melakukan pengecoran produk aluminium di pabrik milik Hyamn Group, di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (25/4/2018)./JIBI-Endang Muchtar
Pekerja melakukan pengecoran produk aluminium di pabrik milik Hyamn Group, di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (25/4/2018)./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Departemen Perdagangan AS akan menaikan bea masuk anti-dumping dan anti-subsidi pada produk lembaran aluminium paduan dari China dari 96,3% menjadi 176,2%.

Keputusan ini pertama kalinya dikeluarkan sejak 1985 oleh Pemerintah AS. Peraturan yang ditetapkan Presiden AS Dolald Trump menjanjikan pendekatan yang lebih agresif untuk menegakkan perdagangan negara tersebut. Alhasil, Departemen Perdagangan meluncurkan lebih banyak anti-dumping dan anti-subsidi terhadap industri swasta.

"Kami akan terus melakukan segala daya kami di bawah undang-undang AS untuk membatasi aliran barang yang dibuang atau disubsidi ke pasar AS," kata Menteri Perdagangan Wilbur Ross dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Reuter, Kamis (8/11/2018).

Departemen Perdagangan AS menyebut pada 2017, impor lembaran aluminium paduan umum dari China diperkirakan bernilai U$900 juta. Produk alumunium jenis linting datar atau flat-rolled biasanya digunakan sebagai bahan baku transportasi, bangunan dan konstruksi, infrastruktur, aplikasi listrik dan kelautan.

Perusahaan-perusahaan industri aluminium AS termasuk Aleris Corp, Arconic Inc, Constellium NV, Jupiter Aluminium Corp, JW Aluminium Company dan Novelis Corp sempat mengeluhkan harga jual rendah dan impor yang melimpah dari China pada Desember 2017.

Perusahaan-perusahaan itu mengatakan volume impor produk lembaran aluminium telah meningkat hampir 750% selama dekade terakhir dan lebih dari 91% antara tahun 2014 dan 2017. Hal ini menghasilkan peningkatan pangsa pasar yang signifikan terhadap impor China dengan biaya langsung dari industri AS.

Heidi Brock, Presiden dan CEO Asosiasi Aluminium berbasis di Virginia, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa badan dan anggotanya “sangat senang” dengan keputusan itu.

Wen Xianjun, wakil presiden Asosiasi Industri Logam Nonferrous China, yang departemennya memimpin negosiasi anti-dumping aluminium dengan Amerika Serikat, mengatakan pengurangan tugas akhir AS membuat ekspor lembaran paduan umum ke negara itu tidak mungkin.

Asosiasi tersebut menempatkan pertahanan hukum tanpa cedera dalam upaya untuk membatalkan tugas.

“Kami pikir kami tidak membahayakan Amerika Serikat. Kami hanya menunggu USITC untuk menilai, ”kata Wen.

Ekspor aluminium China ke AS turun 3,6% dari September menjadi 482.000 ton pada Oktober, terendah sejak Mei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper