Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Orangtua, Berikut Tips Menyekolahkan Anak ke Luar Negeri

Jika anak Anda mempunyai cita-cita bersekolah di negeri Paman Sam ataupun Negeri Kincir Angin, tentu sebagai orangtua ada sejumlah hal yang perlu Anda persiapkan untuk mendukung dan menolong anak Anda. Berikut sejumlah tip untuk membangu Anda mempersiapkan keberangkatan anak Anda menuntut ilmu.
Universitas di luar negeri/Istimewa
Universitas di luar negeri/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Jika anak Anda mempunyai cita-cita bersekolah di negeri Paman Sam ataupun Negeri Kincir Angin, tentu sebagai orangtua ada sejumlah hal yang perlu Anda persiapkan untuk mendukung dan menolong anak Anda.

Berikut sejumlah tips untuk mempersiapkan Anak sekolah ke  luar negeri:

1. Pilihlah Universitas Berkredibilitas Baik
Jika Anda ingin memberikan yang terbaik untuk anak Anda, tentu Anda harus mempelajari dan memilih terlebih dahulu universitas yang ada di negara tujuan. Apa saja kampus yang kredibel dan rekam peringkat universitas di negara dan di dunia. Tak hanya itu, Anda juga perlu melihat setiap fakultas yang tersedia di kampus tersebut. Anda juga perlu mencari informasi lebih lanjut terkait siapa saja alumnus kampus tersebut, kondisi lingkungan dan wilayah kampus. Sehingga, Anda bisa mempertimbangkan jangka waktu yang lama anak Anda akan hidup tanpa pengawasan Anda secara langsung.

2. Mempersiapkan Bujet
Setelah menentukan beberapa nama universitas dan fakultas yang dituju, Anda perlu melakukan pengkajian terkait bujet. Penghitungan bujet menjadi hal yang sangat penting guna mencegah anak Anda putus sekolah karena kendala keuangan. Penghitungan bujet ini disesuaikan dengan target lama anak Anda bersekolah, biaya sewa tempat tinggal, dan biaya-biaya tak terduga lainnya.

3. Mempersiapkan Homestay
Sebelum mempersiapkan waktu lama mengenyam pendidikan, Anda pun tak masalah jika memberikan anak Anda kesempatan homestay, tempat dia ingin belajar. Sejumlah lembaga bahasa Inggris dan perbankan banyak menyediakan program homestay ke luar negeri untuk anak usia sekolah. Selama kurun waktu satu sampai tiga bulan, anak  bisa belajar mengenal dulu calon lingkungan tempat dia akan hidup dan belajar.

4. Mempelajari Budaya dan Aturan Negara Lain
Setelah mempersiapkan bujet dan homestay, selanjutnya Anda perlu membantu anak mempelajari budaya dan aturan di negara tempat dia akan bersekolah. Misalnya saja, anak harus mempelajari cara interaksi, aturan, budaya, dan sejarah. Dengan kata lain, anak Anda mengenal apa saja yang boleh dilakukan (do’s) dan tidak boleh dilakukan (don’ts) di tempat tersebut, sehingga anak Anda bisa berperilaku sesuai kebiasaan setempat. Dengan demikian, selama homestay sampai mulai bersekolah, anak Anda bisa lebih mudah beradaptasi.

Itu sejumlah tips membantu Anda mempersiapkan studi anak ke luar negeri. Semoga bisa membantu anak Anda mencapai cita-cita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper