Qatar Rencanakan Dana Asuransi untuk Pekerja Asing

Kantor Berita Qatar menyebut negara itu berencana untuk membentuk dana asuransi bagi para pekerja asing. selama ini negeri kaya minyak itu didominasi oleh para migran atau pekerja dari luar Qatar.
Rayful Mudassir | 31 Oktober 2018 04:47 WIB
Asuransi - orixinsurance.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kantor Berita Qatar menyebut negara itu berencana untuk membentuk dana asuransi bagi para pekerja asing. selama ini negeri kaya minyak itu didominasi oleh para migran atau pekerja dari luar Qatar.

"Dana tersebut bertujuan untuk mendukung, memastikan dan memberikan perawatan bagi para pekerja, menjamin hak mereka dan menyediakan lingkungan kerja yang sehat dan aman bagi mereka," kata media itu mengutip keputusan dari Pemimpin Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani seperti dilansir Reuters, Selasa (30/10/2018).

Doha sedang berusaha menunjukkan bahwa pihaknya sedang menangani dugaan eksploitasi pekerja di tengah persiapan negara itu menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia 2022. Pentas olahraga dunia ini juga akan dijadikan sebagai ajang unjuk kemajuan dan perkembangan negara itu.

Selama ini beberapa negara yang menyumbang tenaga kerja ke Qatar seperti India, Mesir, Nepal dan Filipina. Ratusan ribu pekerja didatangkan dari negara itu bekerja di berbagai sektor termasuk konstruksi, kesehatan hingga transportasi.

Tahun lalu, Qatar sempat mengalami krisis setelah sejumlah negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Bahrain, Mesir hingga Uni Emirat Arab memutuskan hubungan diplomatik dengan negara itu. Mereka berdalih Qatar telah menjadi penyandang dana terhadap kelompok separatis.

Pemutusan hubungan diplomatik itu berakhir pada blokade di berbagai sektor termasuk pelarangan melintasi wilayah darat laut dan udara negara itu. Alhasil Qatar putar otak untuk mengatasi hal itu. Bahkan negara yang memutuskan hubungan diplomatik memaksa warna negaranya keluar dari Qatar. Namun hal ini tidak dilakukan oleh Mesir.

Tag : asuransi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top