Pasukan Gabungan Temukan Ping Locater Black Box Lion Air JT610

Tim operasi gabungan pencarian dan pertolongan korban pesawat Lion Air JT601 mendapatkan ping locater dari blackbox dari pesawat nahas tersebut.
Muhammad Ridwan | 31 Oktober 2018 20:54 WIB
Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya Muhammad Syaugi dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat memberikan keterangan kepada wartawan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Rabu (31/10 - 2018) malam.

Bisnis.com, JAKARTA - Tim operasi gabungan pencarian dan pertolongan korban pesawat Lion Air JT601 mendapatkan ping locater dari blackbox dari pesawat nahas tersebut.

Setelah melakukan penyisiran sejak pukul 08.00 WIB, KRI I Gusti Ngurah Rai bersandar di Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta pada pukul 19.17 WIB.

Kapal yang digunakan Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya Muhammad Syaugi dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tersebut sempat mendengar ping locater dari blackbox milik pesawat Boeing 737 Max 8.

Kepala Basarnas Muhammad Syaugi menjelaskan bahwa temuan tersebut berada pada 400 meter arah barat laut dari titik pesawat tersebut terakhir hilang kontak di kawasan perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Syaugi menjelaskan, kuatnya arus bawah laut membuat ping locater yang semula terdengar menjadi hilang karena diduga tertimbun material dasar laut.

“Kemudian diselami oleh penyelam-penyelam andal kita. Arus di bawah cukup deras. Rov (remotely operated vehicle) yang tadinya untuk membawa ini terbawa arus,” ujar Syaugi di JICT, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Sementara itu, Panglima TNI Hadi Tjahjanto memiliki keyakinan kuat dengan temuan ping locater tersebut maka kemungkinan badan pesawat tidak berada jauh.

“Saya takin dengan ditemukan kemungkinan diduga kuat blackbox sehingga tidak jauh dari situ juga akan kita temukan badan pesawat yang lebih besar,” pungkasnya.

Tag : lion air
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top