Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prabowo Ziarahi Soerjo, Gubernur yang Menangkan Pertempuran Surabaya

Setelah melakukan kunjungannya keliling Jawa Tengah, kini Calon Presiden Prabowo Subianto mengunjungi Jawa Timur. Kegiatan Prabowo dimulai dengan mengunjungi Kabupaten Magetan.

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah melakukan kunjungannya keliling Jawa Tengah, kini Calon Presiden Prabowo Subianto mengunjungi Jawa Timur. Kegiatan Prabowo dimulai dengan mengunjungi Kabupaten Magetan. 

Sebelum mengawali kegiatan ke pondok pesantren, Prabowo berziarah ke makam Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo atau yang akrab dikenal Gubernur Soerjo di Desa Kepolorejo, Magetan. 

Ketua DPP Partai Gerindra Setyoko mengataan bahwa capres nomor urut 02 ini sudah lama berkeinginan ziarah ke makam Gubernur Soerjo. 

Gubernur Soerjo adalah inspirasi bagi Prabowo karena berani menentang dan melawan kolonialisme Inggris yang mengultimatum pada 9 November 1945 agar rakyat Surabaya, Jawa Timur menyerah. Hingga akhirnya terjadi pertempuran 10 November 1945 dan dimenangkan oleh rakyat Surabaya. 

"Ketegasan dan semangat mempertahankan kemerdekaan Gubernur Soerjo harus menjadi teladan dan panutan bagi seluruh kader dalam berjuang membela rakyat, bangsa dan negara.  itu yang selalu Pak Prabowo katakan kepada kita kader Partai Gerindra," kata Setyoko melalui keterangan pers, Rabu (31/10/2018). 

Setelah melaksanakan ziarah, Prabowo bersama rombongan langsung menuju pesantren Sabilli Muttaqin. Rencananya sore nanti Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu juga akan melakukan Silahturahmi dengan pimpinan, Pengasuh, dan santri di Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Magetan.

Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo lahir di Magetan, Jawa Timur, 9 Juli 1898 dan meninggal di Bago, Kedunggalar, Ngawi, Jawa Timur pada 10 September 1948. Gubernur Soerjo merupakan seorang pahlawan nasional Indonesia dan gubernur pertama Jawa Timur dari tahun 1945 hingga tahun 1948. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper