Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Tangkap Penipu Mengaku Anggota Bareskrim

Polisi Resort Metro (Polrestro) Jakarta Selatan menangkap seorang penipu yang mengaku anggota penyidik Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri di kawasan Kalibata.
Penjara/Istimewa
Penjara/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Polisi Resort Metro (Polrestro) Jakarta Selatan menangkap seorang penipu yang mengaku anggota penyidik Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri di kawasan Kalibata.

"Pelaku bernama Alfian Siradjudin (35), warga Pengadegan Timur, Jakarta Selatan. Ia ditangkap Unit V Resmob Satreskrim Polrestro Jaksel, Selasa (23/10) kata Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polrestro Jakarta Selatan AKBP Stefanus Tamuntuan di Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Penangkapan bermula dari laporan penipuan tertanggal 18 Oktober untuk kejadian dua hari sebelumnya. Saat beraksi, pelaku mengaku sebagai polisi dan memesan dua telepon seluler kepada korban.

"Pelaku meminta korban mengantar HP ini ke samping kantor BPJS di Pancoran. Tak lama, seseorang mengaku istri pelaku meminta korban mengantar HP itu ke dalam kantor," tutur AKBP Stefanus menerangkan modus kejahatan pelaku.

Akan tetapi, penyidik palsu itu melarang korban membawa langsung, dan meminta agar ia yang menyerahkan HP tersebut ke istrinya. Namun, bukannya kembali dan membayar barang yang dibeli, penyidik palsu tersebut kabur dengan dua telepon seluler curian.

"Atas perbuatannya, pelaku diduga telah melanggar Pasal 372 KUHP tentang penggelapan, dan diancam pidana penjara empat tahun,” ujar Stefanus.

Saat penangkapan, petugas menyita satu buah telepon seluler merek Xiaomi, dua lembar faktur penjualan, dan satu tanda kewenangan Polri.

"Usai penangkapan, kami akan melengkapi administrasi penyidikan, memerika pelaku, menyita barang bukti, melengkapi pemberkasan, dan melimpahkan perkara ke penuntut umum,” jelas Stefanus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper