Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terkonfirmasi! Raja Salman dan Pangeran Mohammed Bertemu Anak Khashoggi. Ini Fotonya

Sebuah foto mengkonfirmasi kabar pertemuan Pangeran Mohammed bin Salman dengan keluarga Jamal Khashoggi.
Raja Salman dan Pangeran Mohammed bin Salman bertemu Keluarga Khashoggi di Riyadh, 23 Oktober 2018/Bandar Algaloud-Courtesy of Saudi Royal Court-Handout via Reuters
Raja Salman dan Pangeran Mohammed bin Salman bertemu Keluarga Khashoggi di Riyadh, 23 Oktober 2018/Bandar Algaloud-Courtesy of Saudi Royal Court-Handout via Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah foto mengkonfirmasi kabar pertemuan Pangeran Mohammed bin Salman dengan keluarga Jamal Khashoggi.

Pada foto yang diunggah Reuters terdapat sebuah foto yang memperlihatkan seorang remaja bersalaman dengan Raja Salman bin Abdulazais al-Saud. Di sebelahnya, tampak Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman bersalaman dengan seorang pria dewasa.

"Raja Arab Saudi Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud , Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman menerima keluarga Khashoggi di Riyadh, 23 Oktober2018," demikian keterangan foto karya Bandar Algaloud yang merupakan foto "Courtesy" Kerajaan Arab Saudi yang disampaikan melalui Reuters.

Sebelumnya beredar kabar bahwa Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman menemui anak Jamal Khashoggi.

Khashoggi adalah kontributor Washington Post yang hilang setelah memasuki Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, 2 Oktober 2018.

Khashoggi ke Konsulat untuk mengurus administrasi menjelang pernikahannya dengan seorang wanita Turki.

Sepekan setelah hilangnya Khashoggi pemerintah Kerajaan Arab Saudi akhirnya mengakui bahwa Khashoggi meninggal di dalam Konsulat. Pihak Arab menyebutkan Khashoggi meninggal dalam perkelahian. 

Seiring dengan pengakuan itu, Raja Arab Saudi memerintahkan pemecatan terhadap dua pejabat tinggi Arab Saudi, Qahtani dan Assiri.

Qahtani adalah tangan kanan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman. Sedang Assiri menjabat sebagai wakil kepala intelijen Arab Saudi.

Sempat beredar kabar bahwa gelar putra mahkota akan dicopot dari Pangeran Mohammed, namun hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi dari Arab Saudi.

Terkait kematian Khashoggi yang belum diketahui jenazahnya, muncul dugaan bahwa korban dianiaya dan dilenyapkan dengan menggunakan cairan kimia.

Hingga kini, pihak Arab Saudi pun belum mengkonfirmasi bantahan atas tuduhan ini dengan bukti yang kuat.

Sementara itu, Pangeran Mohammed bin Salman dikabarkan menemui keluarga Jamal Khashoggi.

Pertemuan yang sangat jarang terjadi itu menarik perhatian banyak kalangan. Foto pertemuan itu di antaranya diunggah akun instagram The Guardian.

"Momem yang luar biasa, anak Jamal Khashoggi, jurnalis yang terbunuh, bertemu dengan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman hari ini. Saudi menyatakan Khashoggi, kritikus terkemuka Putra Mahkota, terbunuh dalam sebuah perkelahian, sementara itu pihak penyidik Turki siap membeberkan temuan bahwa telah terjadi penyiksaan, pembunuhan, dan penghilangan jasad Khashoggi," tulis akun Instagram Guardian. 

Belum jelas apakah pertemuan keluarga Khashoggi dengan Raja Salman dan Pangeran Mohammed terkait dengan permintaan maaf atau untuk mengucapkan bela sungkawa.

Satu hal yang pasti di Arab Saudi berlaku hukum qishas. Keluarga korban bisa menuntut agar tersangka pembunuh dikenai hukuman setimpal.

Perdamaian bisa terjadi jika keluarga korban bersedia memaafkan dan pihak tersangka membayar diyat atau uang darah. Selain itu, Raja pun tak bisa membatalkan urusan qishas tersebut,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper