Indonesia dan Arab Saudi Sepakat Kerja Sama Jaga Perdamaian

Tantangan stabilitas dunia yang semakin besar membuat Indonesia dan Arab Saudi sepakat bekerja sama jaga perdamaian.
Iim Fathimah Timorria | 23 Oktober 2018 16:17 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir di kantor Kemenlu, Jakarta, Sealsa (23/10/2018). - ANTARA/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Tantangan stabilitas dunia yang semakin besar membuat Indonesia dan Arab Saudi sepakat bekerja sama jaga perdamaian.

Kesepakatan ini ditindaklanjuti dalam lawatan dua hari Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir ke Indonesia dari 22 hingga 23 Oktober 2018.

"Sebagai dua negara muslim yang besar, Indonesia bersama dengan Arab Saudi ingin terus melakukan kerja sama untuk mensyiarkan perdamaian, toleransi dan penyelesaian konflik secara damai," kata Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi bersama usai melaksanakan sidang komisi bersama perwakilan Arab Saudi, Selasa (23/10/2018).

Kedua negara juga menyoroti stabilitas di kawasan Timur Tengah. Menurut Indonesia, stabilitas di kawasan tersebut tidak akan tercipta jika perdamaian dan kemerdekaan Palestina belum terwujud.

"Oleh karena itu kita sepakat untuk terus bekerja sama berjuang bagi tercapainya kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution," lanjut Menlu Retno.

Ia juga menyampaikan bahwa isu Palestina ini juga dibahas bersama Arab Saudi di sela sidang umum PBB di New York September lalu.

Isu perdamaian Palestina memang menjadi salah satu fokus kebijakan luar negeri Indonesia. Minggu lalu saat kunjungan Menlu Palestina ke Indonesia, Retno kembali menegaskan dukungan kepada Palestina tidak akan pernah luntur.

Tag : arab saudi
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top