Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arab Saudi Membenarkan Jamal Khashoggi Meninggal di Konsulat

Arab Saudi, Sabtu, menyatakan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi telah meninggal, dan menyatakan Kerajaan itu memecat dua pejabat senior sehubungan dengan peristiwa tersebut.
Sejumlah aktivis HAM memegang foto jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi dalam unjuk rasa di luar Kedutaan Besar Arab Saudi di Istanbul, Turki, Selasa (9/10)./Reuters-Osman Orsal
Sejumlah aktivis HAM memegang foto jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi dalam unjuk rasa di luar Kedutaan Besar Arab Saudi di Istanbul, Turki, Selasa (9/10)./Reuters-Osman Orsal

Bisnis.com, DUBAI, Uni Emirat Arab – Arab Saudi, Sabtu, menyatakan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi telah meninggal, dan menyatakan Kerajaan itu memecat dua pejabat senior sehubungan dengan peristiwa tersebut, yang memicu reaksi internasional dan membuat tegang hubungan Riyad dengan Barat.

Satu pernyataan dari jaksa penuntut umum Arab Saudi mengatakan perkelahian terjadi antara Khashoggi dan orang-orang yang menemui dia di dalam Konsulat dan mengakibatkan kematiannya.

"Penyelidikan masih berlangsung dan 18 warga negara Arab Saudi telah ditangkap," kata pernyataan itu di media negara, sebagaimana dikutip Reuters – yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu pagi (20/10/2018).

Pernyataan tersebut menambahkan Penasehat Pengadilan Kerajaan Saud Al-Qaftani dan Wakil Kepala Dinas Intelijen Ahmed Asiri telah dipecat dari jabatan mereka.

Khashoggi, pengeritik Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, hilang setelah ia memasuki Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober. Khashoggi saat itu bermaksud meminta dokumen buat pernikahannya dengan tunangannya.

Komentar pada Sabtu menandai untuk pertama kali sejak Khashoggi hilang bahwa Pemerintah Arab Saudi mengakui kematian wartawan tersebut.

Para pejabat Turki telah mengatakan mereka percaya Khashoggi tewas di dalam gedung Konsulat. Arab Saudi sebelumnya telah membantah tuduhan itu dan mengatakan Khashoggi "telah meninggalkan gedung tersebut tak lama setelah ia memasukinya".

Raja Salman juga memerintahkan pembentukan satu komite tingkat menteri yang dipimpin oleh putra mahkota untuk menata kembali dinas intelijen, kata media negara.

Hilangnya Khashoggi, warga AS dan kolumnis untuk The Washington Post, membuat tegang hubungan antara Arab Saudi dan sekutu Baratnya. Sekutu Arab telah bergabung untuk mendukung Riyadh, tapi tekanan Barat telah meningkat atas Arab Saudi agar memberikan jawaban yang meyakinkan.

Sebelum pengumuman oleh Arab Saudi, Presiden AS Donald Trump mengatakan ia mungkin akan mempertimbangkan sanksi atas Arab Saudi sehubungan dengan hilangnya Khashoggi, dan pada saat yang sama menekankan pentingnya hubungan AS-Arab saudi.

Di Istanbul, Turki, jaksa yang menyelidiki hilangnya Khashoggi pada Jumat (19/10) menanyai pekerja Turki di Konsulat Arab Saudi. Mereka memperluas upaya untuk memperoleh keterangan dalam kasus yang membuat tegang persekutuan Riyadh dengan negara Barat itu.

Pegawai Konsulat yang ditanyai meliputi akuntan, teknisi dan seorang pengemudi, kata kantor berita Turki, Anadolu. Penyelidikan dilakukan oleh Biro Kejahatan Terorganisir dan Terorisme di Kantor Kejaksaan Arab Saudi.

Polisi Turki melakukan pencarian di satu hutan di pinggiran Istanbul dan satu kota di dekat Laut Marmara untuk mencari mayat Khashoggi, kata dua pejabat senior Turki kepada Reuters. Mereka telah melacak jejak mobil yang meninggalkan Konsulat dan kediaman konsul Arab Saudi pada hari hilangnya wartawan Arab Saudi tersebut.

Para penyelidik telah menemukan sampel dari pencarian di kedua gedung itu untuk dianalisis guna menemukan jejak DNA Khashoggi.

Turki menyatakan negara tersebut tidak membagikan rekaman audio apa pun yang mendokumentasikan kemungkinan tewasnya Khashoggi di dalam Konsulat Arab Saudi, untuk membantah laporan bahwa Turki telah membagikan rekaman audio kepada PBB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper