Kunjungi Tangerang Selatan, Sandiaga Uno Berbagi Tips Bersama Pengusaha Kecil

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno berbagi tips untuk mengatasi kesulitan saat ekonomi mengalami krisis bersama dengan pengusaha kecil.
Muhammad Ridwan | 20 Oktober 2018 18:25 WIB
Cawapres Sandiaga Uno saat menjawab pertanyaan warganet di media sosial, Kamis (18/10)./JIBI - BISNIS/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno berbagi tips untuk mengatasi kesulitan saat ekonomi mengalami krisis bersama dengan pengusaha kecil.

Sandi berbagi tips tersebut di hadapan para pengusaha dan warga di Tangerang Selatan. Sandiaga mengungkap kunci di saat krisis melanda terdapat tiga hal.

"Kalau bisnis sedang sulit seperti ini, kita lakukan penghematan. Kita jaga cash flow jangan sampai cash flow morat marit karena perlambatan usaha kita. Jangan mengeluarkan pengeluaran yang tidak perlu," kata Sandiaga dalam keterangan resmi yang dihimpun, Sabtu (20/10/2018).

Mantan orang nomor dua di Jakarta itu juga memberikan tips kepada pengusaha kuliner, Sandi menyarankan agar mengurangi porsi untuk menghemat, tetapi tetap mempertahankan kualitas.

"Kalau harga naik laku enggak? serba salah. Biasanya porsinya yang dikurangi tapi kualitas tetap, jangan berkurang," ujar Sandiaga kepada pengusaha kuliner.

Tips selanjutnya, Sand menyarankan pelaku usaha untuk melakukan inovasi. Menurutnya, inovasi yang muncul biasanya datang saat kondisi yang sulit.

Sandi pun menceritakan masa sulitnya saat harus mengalami Pemutusan Hak Kerja (PHK) pada tahun 1997, dalam kondisi sulit, Sandi mencoba berinovasi.

“Saya dulu pegawai biasa. Tahun 1997 di PHK, akhirnya Allah buka jalan untuk jadi pengusaha. Membuka Konsultan Keuangan dan Investasi. Alhamdulillah itu jalan Allah. Usaha yang saya bangun 21 tahun lalu sekarang sudah membuka lapangan kerja bagi 30 ribu karyawan di seluruh Indonesia," tuturnya.

Terakhir, Sandi menekankan kepada pengusaha dalam menghadapi masa sulit untuk bertawakal. Krisis atau kesulitan ekonomi harus menjadi jalan pembuka berinovasi.

"Mari kita katakan i can do it. Krisis peluang kita berinovasi. Krisis datang dan pergi," pungkasnya.

Tag : sandiaga uno, Pilpres 2019
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top