Jokowi Masuk 50 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dinobatkan sebagai 50 muslim paling berpengaruh sedunia tahun 2019.
Muhammad Ridwan | 19 Oktober 2018 20:36 WIB
Presiden Joko Widodo meninggalkan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) usai menyerahkan berkas syarat pencalonan di kantor KPU Jakarta, Jumat (10/8/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dinobatkan sebagai 50 muslim paling berpengaruh sedunia tahun 2019.

Jokowi menempati urutan ke-16 dari 50 nama lainnya berdasarkan data yang diterbitkan Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang bermarkas di Amman, Yordania.

Juru bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin, TB Ace Hasan Syadzily mengatakan bahwa nominasi tersebut sebagai pengakuan umat muslim terhadap komitmen kuat Jokowi untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat di negara muslim di terbesar, yaitu Indonesia.

“Pak Jokowi bukanlah ahli agama atau ulama, tapi perjuangannya untuk mengatasi ketertinggalan ekonomi di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim menunjukan kontribusinya terhadap kemajuan Islam tanpa terjebak ke dalam identitas simbolik,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (19/10/2018).

Sementara itu, Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Raja Juli Antoni mengatakan bahwa dengan masuknya nama Jokowi ke dalam tokoh muslim berpengaruh, semakin menepis kabar bahwa Jokowi sebagai seseorang yang anti-Islam.

Selain itu juga, Toni menilai penobatan tersebut sebagai Presiden Jokowi yang diakui berhasil memimpin negara dengan mayoritas rakyatnya muslim.

“Penghargaan ini dengan tegas membantah persepsi sebagian pihak yang menyatakan Jokowi dan pemerintahannya anti-Islam. Jika Pak Jokowi anti-Islam, mustahil dia masuk daftar The Muslim 500,” ujar Toni.

 

Tag : jokowi, Pilpres 2019
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top