4 Tahun Presiden, Jokowi Masih Punya 4 Pekerjaan Rumah

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memasuki tahun keempat masa jabatannya sebagai Presiden.
Muhammad Ridwan | 18 Oktober 2018 18:42 WIB
Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago (kedua dari kiri)./JIBI - BISNIS/Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memasuki tahun keempat masa jabatannya sebagai presiden.

Banyak program serta kebijakan yang telah dikerjakan mendapatkan tingkat kepuasan dari masyarakat yang cukup tinggi, namun ada juga beberapa capain yang dinilai belum memuaskan rakyat.

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mbahwa Joko Widodo masih memiliki 4 pekerjaan rumah yang belum terselesaikan  

Catatan tersebut diperoleh dari hasil survei berdasarkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo.

Kemandirian dalam bidang ekonomi menjadi hal yang harus menjadi catatan pertama untuk pemerintahan Jokowi. Pangi mencontohkan proporsi ekspor dan impor yang tidak berbanding lurus di Indonesia.

“Soal kemandirian dari sisi ekonomi, ini menjadi isu yang digoreng lawan," ujar Pangi pada diskusi 4 tahun Jokowi dibilangan Cikini, Jakarta, Kamis (18/10/2018).

Kedua, penyelesaian kasus hak asasi manusia (HAM) yang terjadi pada masa lalu masih memiliki tingkat kepuasan masyarakat yang rendah, padahal penyelesaian kasus HAM menjadi salah satu janji kampanye Jokowi-JK pada 2014.

"Ada kasus Semanggi, Trisakti, Talangsari, dan Tanjung Priok. Jangan sampai dibiarkan tidak jelas begitu saja," ujarnya.

Ketiga, pemberantasan kasus korupsi dinilai masih rendah, Pangi menambahkan bahwa penyelesaian Novel Baswedan yang hingga kini belum terselesaikan membuat stigma masyarakat kepada pemerintah yang kurang serius dalam menangani kasus korupsi.

"Ada kesan tebang pilih dalam kasus Novel Baswedan yang tak kunjung terungkap ini," jelas Pangi.

Satu hal terakhir, pemerintah harus bisa menyelesaikan segala bentuk persekusi, mulai dari mencegah dan menghentikan bentuk persekusi, salah satunya kasus penghadangan Neno Warisman di Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II, Pekan Baru.

“Masa orang bisa masuk bandara dan menghentikan orang, terus polisi tidak bisa berbuat apapun," ujar dia.

Meskipun masih memiliki pekerjaan rumah, beberapa kebijakan mendapatkan tingkat kepuasan yang tinggi, seperti kebijakan pada sektor infrakstruktur, ekonomi mikro, dan juga kedekatannya kepada rakyat.

Namun, tingkat kepuasan Jokowi secara keseluruhan sebesar 59%, Pangi mengatakan bahwa untuk berada dalam titik aman agar kembali terpilih, Jokowi harus menyentuh angka 60% atau lebih, Jokowi masih memiliki satu tahun sisa masa jabatannya untuk memperbaiki pekerjaan rumahnya tersebut.

 

Tag : jokowi, Presiden Joko Widodo
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top