Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UI, ITB, UGM Masuk 500 Besar PTN Terbaik di Dunia, Jokowi Sentil Menristekdikti

Presiden Joko Widodo atau Jokowi heran karena baru ada tiga perguruan tinggi negara (PTN) Indonesia yang masuk daftar 500 besar PTN terbaik dunia.
Universitas Indonesia/Antara
Universitas Indonesia/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi heran karena baru ada tiga perguruan tinggi negara (PTN) Indonesia yang masuk daftar 500 besar PTN terbaik dunia.

Jokowi mempertanyakan kinerja pejabat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi serta 112 rektor PTN yang ditemui di Istana Negara, Rabu (10/10/2018).

"Coba kita sudah berapa puluh tahun, tapi hanya tiga universitas yang masuk 500 besar? Terus respons dong. Ini karena proses manajemen atau proses yang lain?" kata Jokowi.

Jokowi meminta pejabat kementerian dan rektor merespons kondisi tersebut dengan cepat. Menurut dia, kecepatan merupakan salah satu kunci untuk memenangkan persaingan di dunia.

"Yang besar sekarang ini belum tentu mengalahkan yang kecil. Kecepatan menjadi kunci, yang dinamis mengalahkan yang statis," kata dia.

Jokowi mengingatkan pejabat kementerian dan rektor agar tidak puas dengan kondisi sekarang.

"Kalau kita masih nyaman-nyaman seperti ini terus, tidak merespons dinamika yang ada, ya sudah berarti ditinggal," ujarnya.

Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi M Nasir mengatakan ketiga PTN yang masuk 500 besar dunia adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Jumlahnya hanya bertambah satu sejak 2014.

Nasir menuturkan, Universitas Indonesia saat ini berada di peringkat 292 dari 500 PTN dunia. Sementara ITB berada di peringkat 359 dan UGM di 391.

"Ini kami dorong untuk lainnya juga bisa meningkat seperti apa yang ada pada ketiga PT tersebut," ujarnya merespons pernyataan Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper