KPK Minta Perusahaan Terapkan Sistem Pencegahan Korupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyarankan perusahaan-perusahaan agar menerapkan sistem pencegahan korupsi di internal perusahaan.
Rahmad Fauzan | 11 Oktober 2018 19:35 WIB
Gedung KPK. - Bisnis/Abdullah Azzam

Kabar24.com, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyarankan perusahaan-perusahaan agar menerapkan sistem pencegahan korupsi di internal perusahaan.

Hal tersebut disampaikan karena sebelumnya lembaga antikorupsi tersebut melayangkan dakwaan kepada PT Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk. atau PT Duta Nugraha Indah.

"Kami harapkan perusahaan-perusahaan menerapkan sistem pencegahan korupsi di internal perusahaan," ujar Juru bicara KPK Febri Diansyah, Kamis (11/10/2018).

Dalam Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 13 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penanganan Tindak Pidana Korporasi, dikatakan bahwa prosedur dan tata cara pemeriksaan korporasi sebagai pelaku tindak pidana masih belum jelas.

Berdasarkan hal tersebut, KPK terdapat dua jalur yang dapat digunakan untuk memaksimalkan proses pencegahan korupsi korporasi.

"Ada dua jalur yang kita harapkan bisa maksimal ke depan, pertama, penindakan, kedua, peringatan dalam konteks pencegahan agar korporasi bisa jauh lebih hati-hati dalam mengelola bisnisnya," lanjutnya.

Tag : kpk, korupsi
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top