Lima Penerbangan Bawa Bantuan China untuk Korban Gempa Palu-Donggala

Pemerintah China dengan menggunakan pesawat membawa bantuan kemanusiaan untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.
Newswire | 10 Oktober 2018 07:41 WIB
China - Reuters

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah China dengan menggunakan pesawat membawa bantuan kemanusiaan untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Minister Counsellor Bidang Komersial Kedutaan Besar China , Wang Liping kepada wartawan di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (9/10/2018)  menyatakan, bantuan pesawat pertama itu tiba di Bandara Internasional Sepinggan di Balikpapan, menjelang sore waktu Indonesia tengah.

Bandara Sepinggan adalah tempat bantuan dari negara sahabat dikumpulkan dan diregistrasikan sebelum dikirim ke Palu, Sulawesi Tengah.

"Masih akan ada empat penerbangan lagi yang mengangkut bantuan dari Beijing,” kata Minister Liping.

Ia memerinci bantuan tersebut berupa tenda, perangkat pembersih air, alat-alat untuk fogging, dan generator listrik. Bantuan itu sudah sesuai dengan daftar kebutuhan yang diberikan Pemerintah Indonesia.

"Termasuk di antaranya Kedutaan Besar China sudah membelikan sejumlah barang kebutuhan sehari-hari untuk para korban dan pengungsi yang akan dikirim secepatnya ke area bencana," kata Wang Liping.

Pemerintah China juga menyumbang uang tunai sebesar US$200 ribu kepada Palang Merah Indonesia (PMI) yang mengorganisasikan dan menyalurkan bantuan-bantuan tersebut di Palu, Sigi, dan Donggala.

Sebelumnya, Minister Counsellor Bidang Komersial Kedutaan Besar China Wang Liping sebagai Wakil Pemerintah China menyerahkan bantuan kepada wakil Pemerintah Indonesia Supervisor Biro Hukum dan Kerjasama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Meiladyastrinda Hapsari dan Duta Besar Prayono Atiyanto dari Kementerian Luar Negeri.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 menguncang Provinsi Sulawesi Tengah pada tanggal 28 September 2018, pukul 18.02 WITA, diikuti dengan tsunami.

Kota Palu dan sejumlah kabupaten di Sulteng sangat parah terdampak bencana gempa dan tsunami.

Menurut Wang Liping, setelah bencana gempa dan tsunami Sulteng terjadi, Presiden Xi Jinping segera mengirimkan surat tanda belasungkawa kepada Presiden Joko Widodo, menyampaikan rasa simpati rakyat China kepada masyarakat Indonesia.

Presiden Xi Jinping juga menyatakan Pemerintah China siap segera mengirimkan bantuan untuk meringankan beban para korban.

Anggota Dewan Negara China k Wang Yi yang juga merangkap sebagai Menteri Luar Negeri, juga bersurat kepada Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan menyampaikan hal yang sama.

 "Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak Indonesia dan mendukung Pemerintah Indonesia melakukan penanggulangan bencana dan rekonstruksi pasca bencana," demikian Wang Liping.

Sumber : Antara

Tag : china, Gempa Palu
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top