Korea Utara Rela Fasilitas Nuklirnya Diperiksa Inspektur Internasional

Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan mengizinkan para inspektur internasional masuk ke situs nuklir dan rudal yang merupakan salah satu poin utama dari janji denuklirisasi sebelumnya.
John Andhi Oktaveri | 08 Oktober 2018 17:03 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un memberikan panduan program senjata nuklir dalam foto tak bertanggal yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara Korea Utara. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan mengizinkan para inspektur internasional masuk ke situs nuklir dan rudal yang merupakan salah satu poin utama dari janji denuklirisasi sebelumnya.

Pompeo, yang bertemu Kim selama perjalanan singkat ke Pyongyang mengatakan inspektur akan mengunjungi fasilitas uji mesin rudal dan situs uji coba nuklir Punggye-ri segera setelah kedua belah pihak menyetujui soal logistik.

"Ada banyak logistik yang akan diperlukan untuk melaksanakan itu," kata Pompeo dalam jumpa pers di Seoul sebelum berangkat ke Beijing sebagaimana dikutip Reuters, Senin (8/10/2018).

Diplomat senior AS itu juga mengatakan kedua pihak "akan segera" menyetujui rincian pertemuan kedua, yang diajukan Kim kepada Presiden Donald Trump dalam sebuah surat bulan lalu.

Trump dan Kim mengadakan pertemuan puncak bersejarah pertama di Singapura pada bulan Juni lalu.

"Yang paling penting, kedua pemimpin percaya ada kemajuan nyata yang dapat dibuat, kemajuan substantif yang dapat dibuat pada KTT berikutnya," kata Pompeo.

Tag : korea utara
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top