Sepekan Mendatang Kelistrikan Palu & Donggala Ditargetkan Pulih 90%

Kondisi jaringan listrik di Kota Palu berangsur pulih yaitu mencapai 75% listrik sudah kembali normal.
Finna U. Ulfah | 06 Oktober 2018 17:21 WIB
Sejumlah petugas PLN dari Gorontalo berusaha memperbaiki saluran listrik yang rusak di salah satu ruas jalan di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (4/10). - Antara/Basri Marzuki

Bisnis.com, JAKARTA - Kondisi jaringan listrik di kota Palu berangsur pulih yaitu mencapai 75% listrik sudah kembali normal.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan meski kondisi listrik di Palu berangsur normal, tetapi di Kabupaten Sigi masih belum pulih dan PLN tengah terus berupaya untuk memperbaiki gardu induk maupun jaringan yang ada.

"Diharapkan minggu depan sistem kelistrikan akan pulih minimal 90%," ujar Sutopo di Kantor BNPB, Sabtu (6/10/2018).

Hingga kini, PLN telah melakukan perbaikan satu unit pembangkit yaitu PLTU Mpanau dan sebanyak 5 gardu induk yang kini telah kembali beroperasi.

Kemudian, sebanyak 16 dari 47 penyulang sudah beroperasi normal dan dari total 80 genset, sebagian besar juga telah beroperasi.

Dengan berangsur pulihnya kondisi listrik di Palu, Sutopo juga menjelaskan kondisi telekomunikasi juga meningkat sebanyak 10% menjadi 60% yang telah kembali normal.

Pemerintah tengah terus melakukan percepatan perbaikan baik dari sektor listrik hingga telekomunikasi agar cepat kembali berfungsi normal.

Sementara itu untuk pasokan BBM, BNPB menjelaskan sebanyak 17 SPBU telah beroperasi di Kota Palu, Donggala maupun Sigi.

"Sudah 75% dan diharapkan minggu depan juga sudah selesai," kata Sutopo.

Selain itu, Sutopo menjelaskan bahwa Bandara Mutiara Palu kini telah dapat digunakan baik untuk pesawat komersial, pesawat hercules, hingga pesawat asing yang ingin mengirimkan bantuan langsung kepada korban gempa dan tsunami.

Tag : Gempa Palu
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top