Gerakan Bangga Tanpa Plastik, Kresek Ditukar Tas Purun

Sejumlah pengunjung Pasar Tanah Abang, Jakarta, dikejutkan oleh kehadiran Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji.
Aprianus Doni Tolok | 03 Oktober 2018 00:39 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menukar plastik kresek pengunjung Pasar Tanah Abang dengan tas purun. - Bisnis.com/Aprianus Doni Tolok

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah pengunjung Pasar Tanah Abang, Jakarta, dikejutkan oleh kehadiran Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji.

Plastik kresek yang digunakan para pengunjung untuk membawa barang belanjaan mereka tukar dengan tas purun khas Kalimantan Selatan.

Aksi ini menjadi bagian dari konferensi pers dan talk show "Gerakan Bangga Tanpa Plastik #Kembali ke Tradisional" yang digagas oleh Yayasan Econusa dan Gerakan Diet Kantong Plastik di Pasar Tanah Abang Blok B, Jakarta (2/10/2018).

Selain Bima dan Isnawa, hadir pula dalam konferensi pers Kepala Subdirektorat Mitigasi Kementerian Kelautan dan Perikanan Hendra Yusran Sing, Kepala Seksi Bina Peritel Direktorat Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Agus Supriyanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan Suryanto dan aktris Firrina Sinatrya sebagai perwakilan dari Pandu Laut Nusantara.

Direktur Gerakan Diet Kantong Plastik Tiza Mafira mengatakan bahwa Gerakan Bangga Tanpa Plastik merupakan wujud nyata ajakan bagi masyarakat untuk mulai meninggalkan plastik sekali pakai yang menjadi salah satu penyumbang terbesar sampah plastik.

"Langkah awal gerakan ini adalah dengan menukar plastik kresek belanjaan para pengunjung pasar Tanah Abang dengan tas ramah lingkungan," ujarnya.

Menurutnya, diperlukan sinergi dari seluruh pihak, termasuk masyarakat dalam menanggulangi masalah sampah plastik yang memiliki dampak buruk bagi alam dan secara tidak langsung juga berimbas pada kesehatan manusia.

Tag : lingkungan hidup
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top