Bantuan 7 Pesawat Hercules dari 4 Negara Mendarat di Balikpapan

Empat negara kini sudah memberikan bantuan transportasi udaranya, dengan jumlah keseluruhan terdapat 7 pesawat Hercules C130 yang posisinya sudah mendarat di bandara Balikpapan.
Muhammad Ridwan | 03 Oktober 2018 17:58 WIB
Warga berusaha meninggalkan kota Palu untuk mengungsi melalui Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018). - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah hanya membuka bantuan yang hanya difokuskan untuk transportasi udara, water treatment, generator, dan tenda. Empat negara kini sudah memberikan bantuan transportasi udaranya, dengan jumlah keseluruhan terdapat 7 pesawat Hercules C130 yang posisinya sudah mendarat di bandara Balikpapan.

Keempat negara tersebut adalah Singapura yang mengirimkan 2 pesawat Hercules C130, Korea Selatan 2 pesawat Hercules C130, Jepang 2 pesawat Hercules C130, dan 1 helikopter MI-17, serta Inggris 1 pesawat C130.

"Tujuh unit hercules saat ini sudah dirasakan cukup, selain itu Bandara Balikpapan hanya cukup menampung 7 pesawat " jelasnya di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa bantuan pesawat tersebut termasuk dengan tenaga ahli untuk perawat pesawat, serta bahan bakar pesawat ditanggung oleh negara pemilik pesawat.

"Artinya harus ditanggung mereka semuanya," ucapnya. Pesawat tersebut nantinya akan digunakan untuk mengangkut pasukan dan logistik ke Palu, Sulawesi Tengah.

Sutopo menyebut ada 29 negara dan 4 organisasi internasional yang telah menawarkan bantuan tersebut. Dirinya mengatakan baru 17 negara yang telah menyerahkan daftar bantuan.

Tag : Gempa Palu
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top