Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

India Siapkan Tiga Kapal Dukung Misi Kemanusiaan di Palu

Angkatan laut India menyiapkan tiga kapal yakni INS Tir, Sujata and Shardul untuk mendukung misi kemanusiaan pemulihan pasca tsunami yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia.
Kapal INS Tir Angkatan Laut India./Wikipedia
Kapal INS Tir Angkatan Laut India./Wikipedia

Bisnis.com, SURABAYA – Angkatan laut India menyiapkan tiga kapal yakni INS Tir, Sujata and Shardul untuk mendukung misi kemanusiaan pemulihan pasca tsunami yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia.

Angkatan Laut India, Senin (1/10/2018), mengatakan ketiga kapal menuju Singapura dan bisa segera diarahkan ke Palu. "Kapal akan berlayar pada pagi hari besok," kata juru bicara angkatan laut India dilansir financialexpress, Selasa (2/10/2018).

Sementara dari Tanah Air, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan mendapat telepon dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz. Ia bercerita Raja Salman menyampaikan duka atas peristiwa gempa Donggala dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah.

Selain ucapan duka, Raja Salman, kata Jokowi, menawarkan bantuan untuk penanganan pascagempa dan tsunami. "Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz menelepon saya, berbelasungkawa atas bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah sekaligus menawarkan bantuan," kata Jokowi dalam akun Twitternya, Selasa, 2 Oktober 2018.

Selain Raja Salman, kata Jokowi, banyak pula tawaran bantuan yang datang dari negara-negara lain. Hal ini menandakan Indonesia tidak sendirian menghadapi bencana. "Tawaran serupa datang dari para pemimpin dunia. Ini pesan kuat bahwa kita tidak sendirian menghadapi masa-masa sulit ini," ucapnya.

Pemerintah Indonesia memang membuka pintu bagi negara-negara lain yang ingin memberi bantuan untuk korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi, Sulawesi Tengah. Meski teknisnya masih dibahas, Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto memimpin koordinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Financialexpress & Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper