Jokowi: Indonesia Tidak Sendiri dalam Menghadapi Bencana

Berbagai negara dari belahan dunia menawarkan bantuannya untuk korban bencana alam di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.
Muhammad Ridwan | 02 Oktober 2018 09:21 WIB
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (kiri) mengunjungi korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). - Biropers/Kris

Bisnis.com, JAKARTA - Berbagai negara dari belahan dunia menawarkan bantuannya untuk korban bencana alam di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Banyaknya negara yang menunjukan kepeduliannya diungkapkan Presiden Joko Widodo melalui akun media sosial instagramnya hari ini.

“Dari Presiden Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Presiden Singapura Halimah Yacob, Presiden Uni Emirat Arab Khalifa Bin Zayed Al Nahyan, Sekjen PBB Antonio Guterres, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde, Presiden Bank Dunia  Jim Yong Kim, Perdana Menteri India Narendra Modi, sampai Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Dan lain-lain yang tak sempat saya sampaikan satu per satu,” tulis Jokowi dalam Instagramnya, Selasa (2/10/2018).

Jokowi mengungkapkan bahwa ungkapan belasungkawa dari berbagai negara tersebut mampu membesarkan hati Indonesia dalam menghadapi bencana alam ini.

Rasa empati yang ditunjukan oleh negara-negara tersebut menunjukan bahwa Indonesia tidak sendirian dalam menghadapi masa sulitnya.

Untuk diketahui, Saat ini, mekanisme panyaluran bantuan dikaji oleh BNPB dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) di bawah koordinasi dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam).

Pemerintah membatasi bantuan internasional untuk penanganan pascabencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala, dan sekitarnya hanya pada enam jenis bantuan.

Keenam perangkat itu adalah alat angkut udara untuk landas pacu 2.000 meter, tenda pengungsi, genset, instalasi pengolahan air, rumah sakit lapangan, dan tenaga medis.

 

Tag : Gempa Palu
Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top