Gempa Palu: Facebook Deteksi 250 Permintaan Bantuan dari Pemilik Akun

Melalui fitur bantuan komunitas Facebook, ada  250 permintaan bantuan terkait bencana dalam bencana gempa Palu.
Duwi Setiya Ariyanti | 29 September 2018 20:46 WIB
Facebook - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Melalui fitur bantuan komunitas Facebook, ada  250 permintaan bantuan terkait bencana dalam bencana gempa Palu.

Dalam keterangan resminya Sabtu (29/9/2018), Facebook menyebut 250 permintaan bantuan terkumpul pada pukul 10.00 WIB. Adapun, permintaan bantuan bisa terkumpul lebih banyak lagi melalui aktivasi fitur pemeriksaan keselamatan.

Seperti diketahui, gempa di Donggala, Sulawesi Tengah terjadi pada Jumat (28/9/2018) pada pukul 17.34 WIB.

Aktivasi pemeriksaan keselamatan bisa dilakukan dengan cara membagikan cerita tentang kondisi di daerah yang terjadi bencana. Bila Anda dalam keadaan aman, nyatakan melalui Facebook dan Anda juga bisa mengetahui kondisi rekan, saudara atau keluarga.

Melalui publikasi tersebut, Facebook akan menerima peringatan dari sumber terpercaya dan melakukan pemantauan lokasi spesifik tempat terjadinya gempa. Dengan cara ini, bantuan bisa segera didistribusikan karena adanya komunikasi.

Aktivasi fitur pemeriksaan keamanan sebelumnya telah digunakan dalam membantu korban pada korban gempa di Nepal pada 2015. Tercatat, pada gempa Nepal terdapat 8,5 juta orang selamat yang diketahui melalui fitur ini dan 3 juta orang tercatat selamat dari gempa Ekuador pada 2016.

 

Tag : gempa, Gempa Palu
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top