Ketua DPR Sarankan Rizieq Shihab Pulang ke Indonesia

Ketua DPR Bambang Soesatyo menyarankan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab untuk kembali ke Indonesia agar mendapatkan perlindungan dari aparat keamanan Indonesia.
John Andhi Oktaveri | 27 September 2018 16:07 WIB
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat memberikan keterangan kepada wartawan. - JIBI/Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo menyarankan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab untuk kembali ke Indonesia agar mendapatkan perlindungan dari aparat keamanan Indonesia.

Hal itu disampaikan Bambang menanggapi permintaan Tim Advokasi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF-Ulama) agar pemerintah melindungi Rizieq Shihab selama berada di Arab Saudi.

"Kalau ingin dilindungi, ya saran saya kembali ke sini ya, kita lindungi, negara wajib melindungi," ujar Bamsoet di Kompleks Parlemen, Kamis (27/9/2018).

Menurutnya, konstitusi telah memberikan jaminan bahwa setiap warga negara berhak mendapat perlindungan bagi mereka yang berada di dalam maupun luar negeri.

Sebelumnya, salah satu anggota Tim Advokasi GNPF Ulama, Nasrullah Nasution meminta Kemlu untuk memberikan jaminan perlindungan kepada warga negara Indonesia di Arab Saudi atas nama Habib Rizieq Shihab.

Pada pertengahan 2017, Rizieq memutuskan pergi ke Arab Saudi setelah terjerat kasus hukum.

Menurut Nasrullah, setelah Polri menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) atas kasus dugaan penistaan Pancasila dan kasus dugaan chat mesum dengan Firza Husein, Rizieq merasa gerak-geriknya selalu dipantau.

Situasi tersebut makin parah setelah Rizieq bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.

 

Tag : arab saudi, habib rizieq
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top