CPNS 2018: BKN Buka Layanan Bantuan Masalah Pendaftaran

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) membuka layanan help desk atau aduan untuk para pelamar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Muhammad Ridwan | 26 September 2018 16:46 WIB
Warga antre membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Jakarta Selatan, Selasa (18/9/2018). Antrean tersebut terkait meningkatnya jumlah warga yang mengurus SKCK karena dokumen tersebut menjadi salah satu dokumen persyaratan pendaftaran CPNS. - ANTARA/Kahfie Kamaru

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Nasional (BKN) membuka layanan help desk atau aduan untuk para pelamar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Layanan ini diberikan untuk para pelamar yang memiliki kesulitan atau permasalahan dalam proses pendaftaran seleksi CPNS.

BKN membuka layanan ini dalam berbagai bentuk layanan yang bisa diakses, mulai dari call center BKN, surat elektronik, laman resmi BKN, serta pelayanan langsung di kantor-kantor BKN.

"Karena ada 601 instansi yang bergabung ada kewajiban yang sama, menyediakan call centre, telepon dan email. Kalo ada masalah, silakan cari di layanan informasi, klik instansi apa yang ingin ditanyakan syarat, formasi dan lain-lain. Di kantor regional BKN juga ada help desk," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Dia menambahkan secara khusus, layanan langsung di kantor BKN diperuntukan bagi pelamar yang mengalami kendala yang serius atau rumit dalam proses pendaftaran.

Pelayanan untuk masalah-masalah seperti meminta bantuan untuk menggungah file, akses internet lambat, serta masalah kecorobohan yakni salah pilih instansi yang dilamar, hal tersebut tidak menjadi bagian pelayanan BKN.

"Tapi yang perlu ditekankan, yang masuk help desk BKN hanya mereka yang betul-betul ada masalah. Membantu mengunggah, internet lambat, dan salah milih instansi itu bukan area help desk, tapi misal password lupa itu baru kami akan bantu,” tegasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, tahun ini pemerintah akan membuka 238.015 formasi, enam kali lipat lebih banyak dari kebutuhan CPNS yang dibuka pada 2017 sebanyak 37.138 formasi.

Sebanyak 238.015 formasi yang dibuka pada tahun ini terdiri dari 51.271 formasi untuk pemerintah pusat di 76 kementerian/lembaga dan 186.744 formasi untuk instansi pemerintah daerah yang tersebar di 525 pemerintah daerah.

Tag : cpns
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top