Usai Dilantik, Kepala Daerah di Jabar Langsung Dukung Capres, Sesuai Garis Partai

Ramai-ramai kepala daerah mendukung sekaligus menjadi tim sukses calon presiden dan calon wakil presiden juga terjadi di Jawa Barat. Bedanya, dukungan ini diucapkan beberapa jam setelah mereka dilantik.
Wisnu Wage Pamungkas | 20 September 2018 17:09 WIB

Bisnis.com,BANDUNG—Ramai-ramai kepala daerah mendukung sekaligus menjadi tim sukses calon presiden dan calon wakil presiden juga terjadi di Jawa Barat. Bedanya, dukungan ini diucapkan beberapa jam setelah mereka dilantik.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada Kamis (20/9/2018) ini melantik 6 pasangan kepala daerah dari Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Bekasi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Purwakarta di Gedung Merdeka, Bandung.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara salah satunya, berpasangan dengan Henky Kurniawan yang diusung PAN, Umbara memastikan akan mendukung dan menjadi timses pasangan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 mendatang. “Jelas dukung Pak Jokowi dong,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (20/9/2018).

Umbara yang berasal dari Nasdem memastikan dirinya juga sudah berbicara dengan para kepala daerah yang berasal dari partai koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf. Dia mencatat ada sekitar 20 kepala daerah di Jabar dari 27 kabupaten/kota yang mendukung petahana. “Jawa Barat kayanya paling banyak, ada lebih dari 20 kepala daerah,” ujarnya.

Meski bersepakat mendukung, pihaknya memastikan tidak akan akan ada deklarasi seperti yang digelar di Jawa Timur. Menurutnya dukungan kepala daerah di Jabar kemungkinan hanya kesediaan duduk sebagai ketua tim pengarah di struktur tim sukses daerah. “Nggaklah deklarasi, saya juga hanya sebagai ketua tim pengarah,” paparnya.

Di lokasi yang sama, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika juga memastikan akan mendukung Jokowi-Ma’ruf.  Terlebih dirinya diusung oleh Partai Golkar yang merupakan salah satu motor pengusung petahana.“Kalau melihat dari partai pengusung saya sih dukung Pak Jokowi,” ujarnya.

Anne mengatakan dirinya siap untuk memenangkan pasangan tersebut di Purwakarta. Menurutnya ada dorongan pribadi berikut partainya untuk memastikan sikap mendukung Jokowi-Ma’ruf. “Harus. Pokoknya Purwakarta untuk Pak Jokowi,” tuturnya.

Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir mengaku belum bisa statement untuk mendukung capres karena dirinya baru beberapa saat dilantik. Donny sendiri diketahui berangkat mencalonkan diri dari partai PPP yang merupakan koalisi Jokowi-Ma’ruf. “Nanti ada saatnya saya bicara soal itu, tidak sekarang,” kata Donny. 

Dukungan untuk Capres Prabowo dan Cawapres Sandiaga Uno pun bukan tidak ada. Wakil Bupati Bandung Barat Henky Kurniawan mengaku dirinya siap mendukung pasangan penantang Jokowi-Ma’ruf karena berasal dari Demokrat.  “Saya di Prabowo, Pak Bupati [Umbara] di Jokowi,” katanya.

Menurut Hengky secara kebetulan dirinya dan Sandiaga Uno juga dekat dan bersahabat karena itu ketika Demokrat menjadi salah satu sumbu koalisi pasangat tersebut, dirinya otomatis mendukung. “Saya mendukung Pak Prabowo, inshaallah kami akan tetap akur, akur dua periode, aamiin, inshaallah,” tuturnya.

Namun karena sudah diminta oleh Sandiaga Uno agar kepala daerah yang diusung partai pengusung Prabowo-Sandi untuk tetap bekerja dan tidak menjadi bagian dari tim kampanye, Hengky memastikan akan mematuhi. “Kalau mendukung secara pribadi boleh, sebagai kader Demokrat saya memaksimalkan suara Prabowo-Sandi di sini [KBB],” pungkasnya.

Tag : Pilpres 2019
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top