Pendaftaran CPNS 2018 Diundur ke Tanggal 26 September

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yang menurut jadwal dilakukan secara online di portal resmi pendaftaran CPNS 2018, https://sscn.bkn.go.id mulai hari ini Rabu 19 September, mengalami pemunduran jadwal menjadi tanggal 26 September.
Yusran Yunus | 19 September 2018 10:33 WIB
/JIBI/Solopos/Maulana Surya

Bisnis.com, JAKARTA - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yang menurut jadwal dilakukan secara online di portal resmi pendaftaran CPNS 2018, https://sscn.bkn.go.id  mulai hari ini Rabu 19 September, mengalami pemunduran jadwal menjadi tanggal 26 September.

"Hari ini baru pengumuman," demikian informasi yang diperoleh Bisnis dari Panitia Seleksi CPNS Nasional (CPNS), Rabu pagi ini.

Hal tersebut terkonfirmasi dari surat Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana tertanggal 17 September 2018, yang menyebutkan pendaftaran dibuka melalui portal https://sscn.bkn.go.id paling cepat dilakukan pada 26 September 2018.

Padahal dalam jadwal resmi yang ditetapkan pemerintah, pendaftaran dijadwalkan dimulai pada Rabu 19 September 2018.

Penundaan waktu pendaftaran tersebut diduga lantaran belum semua instansi (Kementerian/Lembaga/Daerah) yang menginput jumklah formasi dan persyaratan CPNS 2018 ke portal SSCN tersebut.

Itu yang menjadi penyebab portal SCCN belum dapat dibuka pada hari ini.

Pihak Panitia Seleksi CPNS Nasional (Panselnas) meminta para pelamar untuk memantau perkembangan terkini dengan mengunjungi laman Badan Kepegawaian Negara (BKN), www.bkn.go.id.

"Portal SSCN saat ini belum dapat diakses sampai pengumuman resmi dari Pemerintah terkait penerimaan CPNS 2018. Info lebih lanjut dapat dilihat di Portal BKN yaitu www.bkn.go.id," begitu bunyi pengumuman pihak Panselnas.

Namun saat mengunjungi laman BKN tersebut, pelamar mendapati kenyataan, laman itu error. "Error establishing a database connection," bunyi pernyataan di laman BKN.

Panselnas menargetkan portal resmi pendaftaran CPNS 2018, https://sscn.bkn.go.id, sudah bisa diakses pada Rabu dinihari.

Namun lantaran belum semua instansi (K/L/D) menginput data formasinya ke portal SSCN tersebut, sehingga pelamar pun belum dapat membuka. Pihak BKN meminta para pelamar untuk bersabar menanti pengaktifan portal pendaftaran CPNS 2018 tersebut.

"Pagi ini BKN masih mengupayakan SSCN dapat diakses oleh para pelamar dengan kondisi selengkap mungkin formasi telah tersedia di portal SSCN. Saat ini kami sedang terus bersinergi dengan Kementerian/Lembaga/Daerah [K/L/D] untuk memenuhi kebutuhan publik akan informasi terkini, mulai hari ini 19 September 2018," demikian penjelasan BKN yang diterima Bisnis, pagi ini.

Para pelamar yang mencoba mengakses portal pendaftaran tersebut, mulai sedikit kecewa lantaran belum bisa melakukan pendaftaran. Mereka menumpahkan kecewaannya di media sosial Twitter.

Nurul Wardani Yahya @nurul_weye: yg BKN juga database-nya error. mantap jiwa :D Situs Lowongan CPNS http://sscn.bkn.go.id  Baru Aktif Siang Ini

VIKA @VIKA72556349: Sscn eror bkn pun eror sama2 tidak bisa dibuka

Eka Budiarti,S.kep @Ekabudiarti2904: Gak bisa dibuka keduanya ? Eror /down sih ? Bangun pagi langsung buka situs bkn dan sscn

‏@endahfl13: Mau tidur takut besok buka sscn, kuota penuh, buka sekarang gk bisa di akses. Pengen jd PNS gk usah ribet begini napa...Ini gmn min, sengaja gadang nunggu tgl 19, sscn bkn go id msh gbs diakses.

Dessi Fitriani: Lapor BKN, untuk saat ini portal sscn belum dapat di akses... terimakasih

Tag : cpns
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top