Bahas Sawit Berkelanjutan, Menko Luhut Akan Datang ke Pekanbaru

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dijadwalkan datang ke Pekanbaru, untuk menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan.
Arif Gunawan | 17 September 2018 19:43 WIB
Petani memindahkan kelapa sawit hasil panen ke atas truk di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (4/4/2018). - JIBI/Rachman
Bisnis.com, PEKANBARU - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dijadwalkan datang ke Pekanbaru, untuk menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan.
 
Ketua Apkasindo Riau, Gulat Manurung mengatakan pihaknya menggelar seminar nasional ini, untuk duduk bersama berbagai kalangan mulai dari pemerintah pusat dan daerah, akademisi, hingga aktivis lingkungan dari berbagai lembaga. Salah satu pejabat pemerintah pusat yang dijadwalkan hadir adalah Menko Luhut.
 
"Seminar Kelapa Sawit yang kami laksanakan kali ini akan dibuka dan dihadiri oleh Menko Kemaritiman Jend TNI Purnawirawan Luhut Binsar Panjaitan, dan juga Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman," katanya, Senin (17/9/2018).
 
Beberapa pemateri utama dalam seminar ini menurut Gulat, yaitu dari Kementerian Pertanian, Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), akademisi dari berbagai perguruan tinggi, perwakilan LSM, dan pihak terkait lainnya.
 
Beberapa isu utama yang akan dibahas dalam seminar ini diantaranya yaitu tantangan yang saat ini dihadapi petani kelapa sawit, seperti tudingan miring bahwa petani sawit dituduh terlibat dalam degradasi lahan di Indonesia. 
 
Lalu ada pula soal kapasitas pekebun, kelembagaan, lahan dan kawasan juga menjadi bahan perdebatan, terkait keberlanjutan budidaya kelapa sawit di Indonesia.
 
“Beragam tantangan ini semakin menyudutkan pekebun rakyat pada posisi tawar yang sangat rendah. Beragamnya dinamika dan interaksi yang terlibat dalam perkebunan rakyat menuntut kolaborasi dan sinergi aktif dari semua pihak yang terkait,” katanya.
 
Adapun beberapa NGO lingkungan yang diundang turut hadir dalam seminar nasional Apkasindo kali ini yaitu Yayasan Setara, SNV, WWF, WRI, Kehati, Inobu, Jikalahari, Scale Up, Walhi, IDH, Foksbi, Permadas, Fortasbi, dan Lira Rokan Hilir.
Tag : riau, sawit, Luhut Pandjaitan
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top