Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banyak Gubernur dari Partai Demokrat Dukung Jokowi, Ini Reaksi PKB

Sekretaris Jenderal DPP PKB Abdul Kadir Karding memuji dan bersyukur banyak gubernur dari Partai Demokrat yang mendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.
Abdul Kadir Karding (kiri) Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf./Bisnis-Muhammad Ridwan
Abdul Kadir Karding (kiri) Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf./Bisnis-Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA -  Sekretaris Jenderal DPP PKB Abdul Kadir Karding memuji dan bersyukur banyak gubernur dari Partai Demokrat yang mendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

"Saya bersyukur dengan banyaknya gubernur asal Partai Demokrat yang bergabung dalam tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin," kata Abdul Kadir Karding di Jakarta, Minggu (9/9/2018).

Dukungan itu, menurut dia membuktikan  kinerja Jokowi selama empat tahun memimpin pemerintahan memunculkan dampak positif bagi pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.

BACA

Karding, yang merupakan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) itu, menilai tidak mungkin para gubernur tersebut mendukung Jokowi-Ma'ruf tanpa ada keberhasilan yang  dilakukan Jokowi selama empat tahun memimpin pemerintahan.

"Ini bukti  apa yang telah dilakukan Jokowi selama ini bagus dan berhasil karena jika andai saja gagal atau tidak berhasil, sudah pasti para gubernur tersebut tidak akan mau mendukung Jokowi," ujarnya.

Dia mencontohkan di Provinsi Papua, ketika pemerintahan Jokowi memimpin mampu membangun infrastruktur di seluruh wilayah tersebut dengan geografis yang sangat sulit.

Menurut dia, di era sebelum pemerintahan Jokowi, permasalahan infrastruktur di Papua belum bisa teratasi.

"Lalu terkait kebijakan bahan bakar minyak (BBM) satu harga, sebelumnya satu liter bisa mencapai Rp60.000 hingga Rp100.000 bamun saat ini harganya sama seperti di Pulau Jawa," katanya.

Dia mengatakan Koalisi Indonesia Kerja (KIK) akan merangkul para gubernur asal Demokrat itu agar bisa bersinergi memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Sebelumnya Ketua DPD Demokrat Provinsi Papu yang juga Gubernur Papua, Lukas Enembe mendukung Jokowi.

Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengungkapkan partainya akan memberikan dispensasi pada sejumlah kader di daerah yang mendukung Jokowi pada Pilpres dan tidak akan diberi sanksi.

Dia menjelaskan, sikap itu diambil untuk menyelamatkan calon anggota legislatif (caleg) dari Demokrat sehingga partainya agar tetap terpilih di daerah yang mayoritas penduduknya mendukung Jokowi.

Menurut dia, apabila Demokrat memiliki kebijakan garis lurus mendukung Prabowo maka akan menyulitkan kadernya di bawah yang daerahnya banyak pemilih Jokowi.

Selain itu, Ketua Majelis Pertimbangan Daerah Demokrat Jawa Barat yang juga mantan wakil gubernur Jabar, Deddy Mizwar mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper