Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Muhammadiyah: Pilpres 2019, Banyak Politisi ‘Baper’ dan Anak ‘Alay’

Ketua Umum PP Muhammadiyah Dahnil A. Simanjuntak angkat bicara terkait situasi politik jelang Pemilihan Presiden 2019.
Bendera Muhammadiyah/Antara
Bendera Muhammadiyah/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum PP Muhammadiyah Dahnil A. Simanjuntak angkat bicara terkait situasi politik jelang Pemilihan Presiden 2019.

Menurutnya, kondisi kontestasi politik di Indonesia saat ini tidak membangun dan sesuai dengan gagasan dan ide.

"Kondisi politik merujuk pada bahasa anak muda enggak asyik. Kenapa? Karena dipenuhi oleh politisi baperan dan diisi oleh anak-anak alay," katanya di Kantor Wapres, Jumat (7/9/2018).

Dia menuturkan politisi baperan dan anak alay inilah yang membuat ribut media sosial. Politik yang diusung bukan mengedepankan aktivisme, tetapi terbiasa dengan "hape" dan "ngafe".

Hal tersebut membuat kondisi di media sosial menjadi gaduh serta menimbulkan debat kusir. Menurutnya, kegaduhan politik di dunia maya dapat direduksi apabila para elite dapat bersikap dewasa.

"Elite juga harusnya terbiasa dengan kontestasi dan argumentasi yang berbeda-beda. Mau sekeras apapun enggak masalah," lanjutnya.

Dahnil menilai kontestasi politik Pilpres 2019 akan membahayakan apabila melibatkan gerombolan atau menarik massa. Pasalnya, potensi perpecahan atau crash akan muncul.

Untuk itu, PP Muhammadiyah meminta Wapres Jusuf Kalla (JK)agar berada di tengah-tengah untuk meredam  ituasi politik yang bisa sewaktu-waktu memanas. Tidak memihak ke salah satu capres, baik Joko Widodo maupun Prabowo Subianto.

"Saya berharap Pak JK bisa menjadi penengah. Apalagi beliau dapat diterima berbagai kalangan, misalnya kelompok Islam, nasionalis, dan saudagar," ucap Dahnil.

Pertemuan antara JK dan perwakilan PP Muhammadiyah di Medan Merdeka Utara berlangsung selama sekitar 30 menit. Sebelumnya Jusuf Kalla menghadiri acara di Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper