Komisi I DPR: 70% Wilayah Riau Sudah Tersambung Internet

Komisi I DPR RI menyatakan saat ini 70% wilayah Riau sudah tersambung dengan jaringan internet, dan ditargetkan bisa terlayani sepenuhnya di tahun depan.
Arif Gunawan | 06 September 2018 18:06 WIB
Kantor Gubernur Riau - wikipedia
Bisnis.com, PEKANBARU -- Komisi I DPR RI menyatakan saat ini 70% wilayah Riau sudah tersambung dengan jaringan internet, dan ditargetkan bisa terlayani sepenuhnya di tahun depan.
 
Ketua Komisi I DPR RI Mayjen TNI Purn Asril Hamzah Tanjung mengatakan wilayah Riau termasuk daerah dengan perkembangan jaringan internet yang cepat.
 
"Untuk wilayah Indonesia Barat, Riau kami lihat sudah 70% tersambung internet ya, bisalah 100% nanti di 2019," katanya usai meninjau pelaksanaan program kerjasama layanan internet antara Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo dengan PT Telkom (Persero) Riau Daratan, Kamis (6/9/2018).
 
Menurut dia, pemerintah pusat melalui BAKTI Kemenkominfo dan juga pemprov yang diwakili Disnaker, Diskominfonya sudah bekerja sebaik mungkin, sehingga pemerataan jaringan internet dapat berjalan lancar.
 
Pihaknya meyakini sebagai daerah yang berbatas langsung dengan negara tetangga, adanya jaringan internet akan membantu peningkatan kegiatan ekonomi, sosial, dan pendidikan masyarakat setempat.
 
Sementara itu Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk masyarakat dan pemerintah BAKTI Kemenkominfo Danny Januar mengatakan pihaknya sudah membangun jaringan internet untuk mendukung kegiatan di Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja (UPT LK) Pekanbaru, dengan dukungan Telkom Riau Daratan.
 
"Adanya program penyambungan layanan internet oleh BAKTI bersama Telkom ini sudah membantu penyelenggaraan pelatihan kerja di UPT LK Pekanbaru ini," katanya.
 
Meski demikian, pengelola UPT LK mengeluhkan masih kurangnya kapasitas sehingga tidak mampu menampung peserta pelatihan lebih banyak, yang saat ini sudah menyentuh angka 300 orang.
 
Adapun selain di Pekanbaru, program peningkatan layanan internet BAKTI bersama Telkom juga digelar di dua kota lainnya, yaitu Padang serta Yogyakarta. 
Tag : riau, dpr
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top