DPR Apresiasi Kenaikan Anggaran Pendidikan

Komisi X DPR RI apresiasi peningkatan anggaran pendidikan pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019 yang sebesar Rp487,9 triliun dari sebelumnya Rp444,1 triliun.
DPR Apresiasi Kenaikan Anggaran Pendidikan Rinaldi Mohammad Azka | 20 Agustus 2018 14:19 WIB
DPR Apresiasi Kenaikan Anggaran Pendidikan
Siswa baru memakai berbagai atribut yang tidak sesuai dengan proses belajar mengajar ketika mengikuti Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) di SMK Yuppentek 1 Tangerang, Banten, Rabu (29/7). - Antara/Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA – Komisi X DPR RI apresiasi peningkatan anggaran pendidikan pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019 yang sebesar Rp487,9 triliun dari sebelumnya Rp444,1 triliun.

Ketua Komisi X DPR RI Djoko Udjianto mengapresiasi meningkatnya anggaran untuk pendidikan tersebut, karena dengan begitu mutu pendidikan dapat lebih baik.

“Saya sungguh mengapresisasi atas meningkatnya anggaran pendidikan. Sebab, jika ini terjadi, maka mutu pendidikan kita akan semakin baik,” ungkap Djoko seperti dikutip dari keterangan pers pada Senin (20/8/2018).

Lebih lanjut, politisi Partai Demokrat itu menilai dalam dunia pendidikan masih banyak yang perlu diperbaiki. Dia memerinci seperti fasilitas pendidikan dasar hingga menengah yang masih minim serta tenaga pendidikan yang jumlahnya masih kurang, mencapai 990.000.

“Dengan kenaikan anggaran ini, kita bisa berbuat banyak untuk meningkatkan mutu pendidikan. Saya berharap pada tahun politik ini, mudah-mudahanan yang disampaikan Presiden ini bukan janji, tetapi realistis,” kata Djoko.

Dalam Rapat Paripurna RAPBN 2019, Presiden Joko Widodo mengatakan untuk 2019 anggaran pendidikan direncanakan sebesar Rp487,9 triliun. Jumlah itu naik 9,86 persen dibandingkan tahun 2018 mencapai Rp444,1 triliun, atau meningkat 38,1 persen dibandingkan realisasi anggaran pendidikan tahun 2014.

Di sisi lain, guna meningkatkan kualitas SDM, pemerintah akan memberikan beasiswa kepada 20,1 juta siswa melalui Program Indonesia Pintar. Bantuan juga diberikan kepada 471.800 mahasiswa melalui beasiswa Bidik Misi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pendidikan

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top