PM Korsel Sowan ke Jokowi:  Asian Games Satukan Korea Utara-Korea Selatan

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri Korea Selatan Lee Nak-yeon membicarakan empat poin utama, khususnya mengenai perhelatan Asian Games 2018.
Amanda Kusumawardhani | 20 Agustus 2018 15:56 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kehadiran Perdana Menteri Korea Selatan Lee Nak-yeon di Istana Negara, Senin (20/8/2018). - Bisnis/Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri Korea Selatan Lee Nak-yeon membicarakan empat poin utama, khususnya mengenai perhelatan Asian Games 2018.

Menteri Luar Negeri Retno L. P. Marsudi mengatakan kedatangan PM Korea Selatan Lee Nak-yeon menunjukkan apresiasi Korea Selatan dan Korea Utara terhadap Asian Games 2018 yang menjadi perekat kedua negara tersebut.

"Paling tidak dua hal yang disorot secara khusus oleh PM Korsel, yaitu mengenai pembukaan yang dinilai oleh PM Korsel sangat inpresif dan berhasil. Kedua, adalah Indonesia telah berhasil menjadikan Asian Games ini sebagai perekat persahabatan dan perdamaian antara Korut dan Korsel," ucapnya di Istana Negara, Senin (20/8/2018).

Sebagaimana diketahui, tim gabungan Korea Utara (Korut) dan Korsel bermain untuk tiga cabang olah raga, yaitu bola basket, perahu naga, dan dayung.

Secara khusus, Lee juga mengungkapkan apresiasinya terhadap pembukaan Asian Games 2018 yang dinilainya sangat impresif.

Masih soal Semenanjung Korea, Retno mengungkapkan Lee juga mengapresiasi komitmen dan konsistensi Indonesia dalam mendukung perdamaian dan stabilitas, serta proses denukrilisasi di Semenanjung Korea.

"Beliau sampaikan tidak banyak negara yg konsisten sampaikan pesan positif, dan Indonesia adalah pihak konsisten yang mendukung, berkontribusi, menciptakan perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea," tekannya.

Tag : korea selatan
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top