Suasana Perayaan HUT RI di Slowakia

Dalam suasana yang sejuk di musim panas, sekitar 50 masyarakat Indonesia di Slowakia mengikuti jalannya upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan pada 17 Agustus 2018, pukul 08.00 di KBRI Bratislava.
Andhina Wulandari | 18 Agustus 2018 20:53 WIB
Perayaan HUT Kemerdekaan ke-73 RI di Slowakia - Dok.KBRI Bratislava

Bisnis.com, BRATISLAVA - Dalam suasana yang sejuk di musim panas, sekitar 50 masyarakat Indonesia di Slowakia mengikuti jalannya upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan pada 17 Agustus 2018, pukul 08.00 di KBRI Bratislava.

Dengan penuh semangat, lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara sembari memberikan penghormatan kepada bendara merah putih yang dikibarkan oleh Tim Paskibraka KBRI Bratislava.

Usai upacara bendera, Duta Besar RI untuk Slowakia Adiyatwidi Adiwoso melakukan pemotongan tumpeng dan menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya, Adiyatwidi menyampaikan ucapan selamat atas bertambahnya usia Indonesia yang telah menginjak usia ke-73 dan mengajak seluruh WNI di Slowakia untuk aktif berpartisipasi membangun Indonesia sesuai dengan kompetensi masing-masing dan berpartisipasi pada pelaksanaan Pemilu pada bulan April 2019. 

”Kami di perwakilan Bratislava juga mengucapkan bela sungkawa atas musibah di Lombok dan menyambut baik kepedulian masyarakat Indonesia di Slowakia kepada sesamanya yang sedang tertimpa musibah,” ujarnya.

Upacara HUT Kemerdekaan ke-73 RI menjadi acara pamungkas dari rangkaian kegiatan HUT ke-73 RI yang diselenggarakan oleh KBRI Bratislava.

Selama dua pekan berturut-turut, KBRI Bratislava menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba yang melibatkan seluruh WNI di Slowakia. 

Adapun lomba-lomba yang diselenggarakan antara lain bowling, badminton, mewarnai, menggambar, balap karung, fun futsal, giring bola, makan kerupuk, dan membawa kelereng dengan sendok.

Sementara pada acara family gathering, masyarakat Indonesia yang hadir melakukan jalan santai sepanjang 3 km mengelilingi taman yang rindang dengan dikelilingi oleh danau yang cantik di wilayah Bratislava. Acara juga dirangkai dengan perayaan Hari Anak Nasional yang sangat antusias mengikuti berbagai lomba anak-anak yang dipertandingkan.

Seluruh rangkaian kegiatan HUT RI menjadi momen silaturahmi masyarakat Indonesia di Slowakia dan dinanti-nanti karena selalu disediakan makanan khas Indonesia sebagai pengobat rindu kampung halaman.

 

Tag : hut ri
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top