Ini Isi Pidato Ma'ruf Amin yang Bikin Jokowi Kesengsem

Salah satu alasan Presiden Joko Widodo memilih Ma'ruf Amin sebagai pendampingnya dalam Pilpres 2019 adalah karena pandangan ekonomi umat milik Ketua Majelis Ulama Indonesia itu.
JIBI | 11 Agustus 2018 08:10 WIB
Calon wakil presiden Ma'ruf Amin menemui pendukungnya di Gedung Joang 45, Jakarta, Jumat (10/8/2018)./ANTARA FOTO - Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA -- Salah satu alasan Presiden Joko Widodo memilih Ma'ruf Amin sebagai pendampingnya dalam Pilpres 2019 adalah karena pandangan ekonomi umat milik Ketua Majelis Ulama Indonesia itu.

Ma'ruf pernah berpidato mengenai konsep ekonomi syariah ketika dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Ekonomi Muaamalat Syariah di Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur pada Mei 2017. Jokowi ternyata turut hadir dalam kesempatan tersebut.

"Pidato itu berisi tentang pandangan ihwal arus baru ekonomi Indonesia yang berlandaskan syariah," ungkap Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy, seperti dilansir Tempo, Sabtu (11/8/2018).

Dalam ceramahnya ketika itu, Ma'ruf mengatakan ekonomi syariah dapat menjadi pilihan alternatif untuk masyarakat muslim kelas menengah dalam mengekspresikan agamanya.

“Dia dapat menjadi pilihan kelas menengah karena bisa menjawab kebutuhan berekspresi dan berekonomi dan juga dapat menjawab sisi kebutuhan spiritual,” ujarnya, saat itu.

Visi ekonomi Ma'ruf pun menjadi perbincangan setelah dia dipilih menjadi calon wakil presiden (cawapres) Jokowi. Jokowi menilai pendampingnya itu sosok yang punya pengetahuan luas di bidang ekonomi.

“Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, kita harus mengatasi masalah kemiskinan, kesenjangan dengan memperkuat ekonomi umat," ucap Jokowi dalam pidatonya di Gedung Joang 45, Jakarta Pusat, Jumat (10/8).

Menurut Ma'ruf, jumlah kelas menengah muslim terus bertambah. Meski secara ekonomi kelas ini telah terpenuhi kebutuhan pokoknya, tapi mereka terus mencari sarana untuk mengekspresikan kebutuhan spiritualnya.

“Ekonomi syariah dapat menjadi jawaban atas kebutuhan tersebut,” tuturnya.

Ma'ruf meyakini ekonomi syariah yang bersumber dari ajaran Islam dapat membawa lebih banyak keadilan ekonomi bagi masyarakat.

Sumber : Tempo

Tag : jokowi, Pilpres 2019
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top